Comscore Tracker

Tip Sederhana Mencegah Banjir Masuk Rumah, Cuma Pakai Triplek!

Gak mahal, kok

Jakarta, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin malam hingga Selasa dini hari kemarin membuat sejumlah wilayah Jakarta terendam banjir. Air menggenangi ruas jalan hingga merembet ke dalam rumah. 

Akibatnya banyak warga Jakarta mengungsi dan terpaksa harus merelakan perabotan mereka terendam air. Sebab banjir datang dini hari, tak ada waktu untuk menyelamatkan barang-barang dari rumah.

Tapi ternyata ada cara sederhana mencegah air menyusup masuk dalam rumah, loh. Cara tersebut ditunjukkan seorang pengguna Twitter dengan nama akun @sahabatsaber. Nah, berikut tip sederhana mencegah air masuk rumah. 

1. Bahan bakunya hanya dari triplek

Dalam video berdurasi 45 detik tersebut terlihat seorang menceritakan papan penghalang air di depan pintu rumahnya. Papan tersebut berfungsi sebagai penghalang air masuk ke dalam rumah. Papan tersebut diskerup ke tiang pintu.

"Disekrup ke dalam tiangnya (pintu), kemudian tripleknya masuk," kata pria dalam video di akun @sahabatsaber.

2. Pasangi lilin di sela-sela triplek

Tip Sederhana Mencegah Banjir Masuk Rumah, Cuma Pakai Triplek!Tips hindari air banjir masuk ke rumah (Twitter/@sahabatsaber)

Dalam video tersebut memang terlihat hanya sedikit rembesan air yang masuk ke lantai rumah. Papan penghalang air ternyata berfungsi nyaris sempurna.

Setelah itu pria tersebut juga memberi tip agar sela-sela triplek dilapisi lilin malam mainan di bagian luar pintu. "Lihat nih airnya, air sebegini tapi tidak masuk ke rumah," ujar pria tersebut.

3. Lebih hemat dari pada membeli alat penahan banjir

Tip Sederhana Mencegah Banjir Masuk Rumah, Cuma Pakai Triplek!Harga alat penahan banjir (Google)

Cara menghalangi banjir masuk rumah dengan papan ini bisa jadi alternatif dibandingkan harus membeli alat penahan banjir yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Pemilik rumah dapat berhemat sembari mengantisipasi banjir yang melanda Jakarta.

4. Hanya berlaku bagi rumah yang genangan airnya rendah

Tip Sederhana Mencegah Banjir Masuk Rumah, Cuma Pakai Triplek!Ilustrasi banjir (IDN Times/Lia Hutasoit)

Belum diketahui pada saat banjir kapan video tersebut diambil. Namun, setelah diunggah pada Selasa (25/2) pukul 13.42 WIB, video ini telah disukai oleh 16,2 ribu warga Twitter dan telah dibagikan 8,3 ribu kali. Namun ingat ya gaes, tip ini hanya berlaku jika genangan air tidak terlalu tinggi. 

Baca Juga: 5 Desa Ini Letaknya Tertinggi di Dunia, Dingin dan Bebas Banjir

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya