TNI Turunkan 566 Personel untuk Bertugas di Wisma Atlet Kemayoran

Selamat bertugas, Bapak/Ibu, semoga sehat selalu!

Jakarta, IDN Times - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan/Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, menjelaskan bahwa Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) akan berkonsentrasi menjalankan tugas di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Utara.

Dia menjelaskan bahwa pada sore nanti, tepatnya pukul 17.00 WIB, pihaknya akan mulai bertugas untuk menangani tugas terkait virus corona atau COVID-10. Yudo menjelaskan ada tiga satgas yang akan bertugas.

1. Satgas pendamping untuk ring 1

TNI Turunkan 566 Personel untuk Bertugas di Wisma Atlet KemayoranPanglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya Yudo Margono (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Tiga satgas yang dimaksud Yudo, di antaranya adalah satgas pendamping yang terdiri dari tenaga medis yang akan menangani langsung di ring satu.

Mereka terdiri dari 25 orang Puskes TNI, 50 orang Puskesad TNI dan 30 orang Yonkes Marinir, Yonkes Kostrad 30 orang, Yonkes AU 30 orang, dan dari Kemenkes 25 orang dan 30 orang relawan.

“Semua jumlahnya ada 225 orang sekarang sudah stand by di tower 3 yang di mana ring 2,” kata dia melalui teleconference BNPB, Senin (23/3).

Baca Juga: Wisma Atlet Jadi RS Darurat COVID-19, BUMN Siap Pasok Alat dan Obat

2. Satgas pendamping dan satgas pengamanan

TNI Turunkan 566 Personel untuk Bertugas di Wisma Atlet KemayoranSuasana RS Darurat COVID-19 di Kemayoran (Youtube/Sekretariat Presiden)

Selanjutnya adalah satgas pendukung, yang diisi oleh tim memasak, terdiri dari Kodam, Polri, TNI AU dan Kogabwilhan 1, dan tiga orang chef yang akan mengawasi menu untuk semuanya dengan total 191 orang.

Satgas yang ketiga adalah satgas pam atau satgas pengamanan yang terdiri dari marinir, Kopassus, dan Paskes dengan jumlah total anggota 180 orang.

“Sehingga jumlah keseluruhan Kogasgabpad Wisma Atlet berjumlah 566 orang,” kata dia.

3. Tersedia 1.600 kamar di Wisma Atlet

TNI Turunkan 566 Personel untuk Bertugas di Wisma Atlet KemayoranSuasana RS Darurat COVID-19 di Kemayoran (Youtube/Sekretariat Presiden)

Yudo yuga menjelaskan telah tersedia 1.600 kamar yang disiapkan di Wisma atlet Kemayoran. Setiap lantai, kata dia, ada 32 kamar untuk pasien dan 2 kamar untuk perawat.

“Sehingga di masing masing kamar ada 3 tempat tidur, keseluruhan ada 1.600 tempat tidur,” katanya

Baca Juga: RS Darurat COVID-19 di Wisma Atlet Mulai Beroperasi Hari Ini

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya