Tolak UU Ciptaker, Mahasiwa: Kami Sudah Tidak Percaya Lembaga Negara

Lebih dari 1.500 mahasiswa diklaim ikut demo ini

Jakarta, IDN Times - Mahasiswa menggelar aksi penolakan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta Kamis (6/4/2023). Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Ciptaker telah disahkan menjadi UU Ciptaker di DPR RI pada 21 Maret 2023.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Rifqi Adyatma menjelaskan kehadiran mereka hari ini juga menyarakan rasa tidak percaya mahasiswa pada lembaga pemerintahan baik eksekutif, yudikatif, dan legislatif.

"Tuntutan hari ini sebnarnya gini, kita ingin membumikan yang akan kita masifkan hari ini adalah isu bahwasanya DPR sudah tidak lagi demokratis per hari ini. Kenapa? Maka dari itu kita menaikkan hashtag #SudahTidakPercaya. Karena setelah kita demo Perppu Cipta Kerja tanggal 20, tanggal 21 nya malah disahkan," kata Rifqi saat ditemui di depan gedung DPR, Kamis.

Dia mengatakan ada sekitar 1.500 mahasiswa yang turun ke jalan. "Belum termasuk yang datang bergabung secara tiba-tiba ke DPR," ujarnya.

Selain menolak Ciptaker, mahasiswa juga meminta DPR untuk menemui mereka. Namun, anggota DPR dikabarkan sudah pulang sekitar pukul 16.00 WIB.

"Gak ada (audiensi) Jadi tadi dapat info bahwasanya jam 16.00 WIB itu Komisi 9 dan 10 sudah pulang," kata Rifqi.

Baca Juga: Mahasiswa Lempar Tikus ke Komplek DPR dalam Demo Tolak UU Cipta Kerja

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya