Tukang Bakso Culik dan Perkosa Remaja Berkebutuhan Khusus  

Polisi tembak kaki tersangka saat berusaha melariakn diri

Jakarta, IDN Times - Polisi akhirnya berhasil mengungkap kasus kekerasan seksual dan penculikan, yang menimpa seorang anak perempuan berkebutuhan khusus berinisial A (16). Korban sebelumnya hilang sejak 8 September 2020.

Tersangka penculikan ternyata seorang tukang bakso bernama Praditya Bayu (39). Korban disetubuhi sebanyak 14 kali dalam kurun waktu 23 hari penculikan. Mulai dari indekos tersangka di Sunter, Jakarta hingga di Boyolali, Jawa Tengah.

"Tersangka datangi korban di Danau Sunter dan diiming-imingi pekerjaan dan dibawa ke kosan tersangka. Di sana korban dicabuli oleh tersangka. Korban dibawa tersangka ke Jombang, Jatim, dan mampir di Boyolali dua hari. Sempat di sana dilakukan pencabulan oleh tersangka setelah itu dibawa ke Jombang," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus kepada wartawan, Senin (5/10/2020).

Baca Juga: Polisi Ringkus Pelaku Kekerasan Seksual Terhadap AF yang Sempat Viral

1. Polisi tembak kaki tersangka saat berusaha kabur

Tukang Bakso Culik dan Perkosa Remaja Berkebutuhan Khusus  IDN Times/Arief Rahmat

Yusri menjelaskan, polisi berhasil menangkap tersangka pada 30 September 2020 di sebuah kosan di Desa Kebon Temu, Peterongan Jombang, Jawa Timur.

Saat akan ditangkap, tersangka berusaha melarikan diri, hingga akhirnya polisi menembak kedua kaki tersangka.

"Saat dilakukan penangkapan, tersangka melawan dan mencoba melarikan diri. Tim akhirnya melakukan tindakan tegas dan terukur kepada yang bersangkutan," ujar Yusri.

2. Tersangka terancam hukuman 15 tahun penjara

Tukang Bakso Culik dan Perkosa Remaja Berkebutuhan Khusus  Ilustrasi tersangka (IDN Times/Bagus F)

Akibat perbuatannya, Bayu dijerat dengan Pasal 76 E jo Pasal 82 dan atau Pasal 76 F jo Pasal 83 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp5 miliar.

3. Info kasus ini sempat viral di media sosial

Tukang Bakso Culik dan Perkosa Remaja Berkebutuhan Khusus  Informasi penculikan dan pemerkosaan yang tersebar di media sosial (Dok. Istimewa)

Kasus dugaan penculikan dan pelecehan seksual ini sempat viral di media sosial. Beberapa akun media sosial juga membagikan kisah dan upaya pencarian gadis dengan kebutuhan khusus tersebut.

Salah satunya sebuah akun Facebook atas nama Sari Nurmala Chairunisa yang mengunggah informasi di akun group 'Warga Kemayoran".

"Asalamualaikum yg lihat org ini encang encing emak babe .. tolong y jeblosin kepenjara cwo yg namanya pradita bayu aji .
Ank dibawah 17 tahun di perkosa dan diculik kasian keluarganya nyariin keberadaan ank tuh jika ada yg lihat hub ke no noh 081290440369
Yg saya kasih tau nih beberapa korbannya jika lihat lelaki di foto tuh laporin aj kepihak berwajib," demikian postingan Sari Nurmala.

Baca Juga: Viral Cerita Korban Kekerasan Seksual Sulit Ambil Jalur Hukum

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya