Comscore Tracker

Unggul dari Anies Soal Solusi Banjir, Ahok: Ikuti Desain Belanda

Ahok dianggap lebih baik atasi banjir dan macet Jakarta

Jakarta, IDN Times - Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa Ahok menanggapi hasil survei Indo Barometer yang menyebutkan bahwa dia adalah Gubernur DKI Jakarta yang dinilai paling berhasil mengatasi banjir di ibu kota saat masih menjabat.

Menanggapi hal tersebut, dia mengatakan bahwa selama ini hanya mengikuti cara-cara yang ditinggalkan Belanda.

"Saya kira kita hanya mengikuti aturan yang ada, itu sudah digariskan dari Belanda," ujar dia saat dalam peluncuran buku "Panggil saya BTP: Perjalan psikologi Ahok selama di Mako Brimob", di Kantor Tempo, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (17/2).

1. Pembuatan tanggul yang menyambungkan 1.300 saluran

Unggul dari Anies Soal Solusi Banjir, Ahok: Ikuti Desain BelandaLaunching buku Basuki Tjahaja Poernama (IDN Times/ Lia Hutasoit)

Menurut Ahok, Jakarta telah didesain sejak dulu oleh Belanda. Desain yang dimaksud adalah dengan pembuatan tanggul yang menghubungkan 1.300 saluran, seperti Cengkareng Drain, Banjir Kanal Barat, Banjir Kanal Timur hingga Cakung Drain.

Baca Juga: Ahok Akui Perceraian Membuatnya Stres hingga Reputasinya Rusak

2. Keberhasilannya bukan berasal dari dirinya namun dari Belanda

Unggul dari Anies Soal Solusi Banjir, Ahok: Ikuti Desain BelandaBanjir akibat meluapnya terusan kali Pesanggrahan di Jakarta Barat, awal Januari 2020. (IDN Times/Anata Fitri)

Maka dari itu, kata dia, pemasangan tanggul harus selesai, pompa juga harus aktif hingga pengerukan sungai juga harus terus dilakukan.

"1.300 penghubung saluran mesti terjaga, ya itu gak ada yang aneh, itu bukan dari saya, itu dari PU pusat itu dari Belanda sudah begitu konsultannya," ujar dia.

3. Anies kalah dari Jokowi dan Ahok

Unggul dari Anies Soal Solusi Banjir, Ahok: Ikuti Desain BelandaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dianggap kalah dalam menangani banjir dan kemacetan jika dibandingkan dengan Jokowi dan Ahok ketika mereka menjabat sebagai gubernur.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam rilis survei bertajuk 100 hari pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin di Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (16/2).

Dalam survei yang dilakukan pada 9-15 Januari ini ditemukan hasil bahwa hanya 4,1 persen responden yang menyebut masalah banjir berhasil ditangani oleh Anies.

Jauh lebih rendah daripada hasil keberhasilan Jokowi yakni 25 persen serta Ahok 42 persen.

"Gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama sebesar 42 persen," kata Qodari.

Baca Juga: Anies Dinilai Kalah dari Jokowi dan Ahok dalam Atasi Banjir

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya