Comscore Tracker

Usai Diperiksa Bareskrim, Anita Kolopaking Resmi Ditahan 20 Hari

Anita ditahan di Rutan Bareskrim Bareskrim Polri

Jakarta, IDN Times - Tersangka sekaligus pengacara dari terpidana kasus hak tagih bank Bali Joko Tjandra, yakni Anita Kolopaking akhirnya resmi ditahan Bareskrim Polri. Penahanan Anita mulai dilakukan sejak hari ini hingga 20 hari ke depan.

"Selama 20 hari ke depan yang bersangkutan ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setyono saat dikonfirmasi, Sabtu (8/8/2020).

1. Alasan penahanan Anita Kolopaking

Usai Diperiksa Bareskrim, Anita Kolopaking Resmi Ditahan 20 HariPinangki Sirna Malasari, Jaksa dari Kejagung yang diduga bertemu Joko Tjandra dan Anita Kolopaking (Dok. IDN Times/Istimewa)

Bareskrim mengungkap alasan pihaknya akhirnya memilih untuk menahan Anita Kolopaking.

"Pertimbangan penyidik menahan sebagai syarat subjektif," kata

Penyidik juga khawatir jika Anita nantinya akan berupaya melarikan diri jika tidak dilakukan penahanan

"Agar yang bersangkutan tidak melarikan diri, agar tidak mengulangi perbuatan tindak pidana, dan agar tidak menghilangkan barang bukti," kata Awi.

Baca Juga: Takut Diancam, Alasan Anita Kolopaking Minta Perlindungan ke LPSK

2. Bareskrim berwenang menahan Anita

Usai Diperiksa Bareskrim, Anita Kolopaking Resmi Ditahan 20 HariKejaksaan Agung memeriksa Anita Kolopaking terkait pertemuannya dengan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Anang Supriatna yang diduga terkait dengan penanganan perkara Joko Tjandra (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Awi juga menjelaskan bahwa penahanan Anita adalah wewenang dari penyidik Bareskrim Polri, Karenanya, kini Anita berstatus sebagai tersangka.

"Semua sudah diatur dalam Pasal 21 ayat (1) KUHP," kata Awi.

3. Anita terancam 6 tahun penjara

Usai Diperiksa Bareskrim, Anita Kolopaking Resmi Ditahan 20 HariBuronan Joko Tjandra tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (30/7/2020) ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Diberitakan sebelumnya, upaya meloloskan buronan Joko Tjandra berbuntut panjang. Proses pembuatan surat jalan hingga Surat Keterangan Bebas COVID-19 untuk meloloskan Joko kabur kini tengah diusut oleh Polri.

Bareskrim sebelumnya menetapkan Brigjen Prasetijo Utomo sebagai tersangka dan kemudian Anita Kolopaking menyusul masuk ke daftar nama tersangka yang membantu buronan Joko kabur.

Anita diketahui sebagi perantara penyambung hubungan antara Joko Tjandra danBrigjen Prasetijo.

Anita ditetapkan sebagai tersangka sejak Kamis, 30 Juli 2020 dan dijerat Pasal 263 ayat (2) KUHP tentang Penggunaan Surat Palsu dan Pasal 223 KUHP tentang Pemberian Pertolongan terhadap Orang yang Ditahan. Dia terancam hukuman 6 tahun penjara.

Baca Juga: Mabes Polri: Anita Kolopaking Kunci dari Pelarian Joko Tjandra

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya