Vaksin Moderna Dipakai di DKI, Kelompok Ini Segera Daftar Vaksinasi

Anies ajak penderita autoimun dan komorbid daftar vaksin 

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai memberikan vaksin Moderna kepada masyarakat kelompok immunocompromised, salah satunya pengidap autoimun dan komorbid di Ruang Pola Balai Kota Jakarta, Jumat (20/8/2021). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, hal ini dilakukan agar seluruh warga DKI bisa vaksinasi COVID-19 secepat mungkin.

“Kami di Jakarta ingin agar seluruh warga kami terlindungi dengan cepat, dan hari ini kita memulai dengan memberikan vaksin Moderna bagi pribadi yang memiliki gangguan imunitas atau immunocompromised. Di dalam kelompok tersebut, ada autoimun, tapi bukan hanya itu, orang yang mendapat pengobatan berkepanjangan berdampak pada turunnya imunitas," kata Anies.

Baca Juga: Anies Klaim Target Vaksinasi COVID-19 Dosis 1 Jakarta Sudah Tercapai

1. Anies ajak masyarakat penderita autoimun dan komorbid daftar vaksin

Vaksin Moderna Dipakai di DKI, Kelompok Ini Segera Daftar VaksinasiPemprov DKI Jakarta mulai berikan vaksin moderna bagi kelompok autoimun pada Jumat (20/8/2021). (dok. Pemprov DKI Jakarta)

Anies mengungkapkan, mulai hari ini vaksinasi Moderna bagi penderita autoimun dan komorbid diselenggarakan di Balai Kota, dan nanti bakal difasilitasi agar lebih banyak lagi yang bisa divaksin.

"Silakan nanti daftar, ada link-nya, nanti diberikan waktunya, agar mereka dapat jadwal vaksinasi, termasuk yang hadir di sini mereka ada yang sudah menunggu lama dan ada yayasan yang terkait dengan problem lupus," kata dia.

2. Alasan vaksin Moderna diberikan pada kelompok ini

Vaksin Moderna Dipakai di DKI, Kelompok Ini Segera Daftar VaksinasiPemprov DKI Jakarta mulai berikan vaksin moderna bagi kelompok autoimun pada Jumat (20/8/2021). (dok. Pemprov DKI Jakarta)

Anies menjelaskan alasan vaksin Moderna diberikan pada kelompok yang memiliki kompleksitas imunitas, yakni karena vaksin berbasis messenger RNA (mRNA). Dibandingkan vaksin tradisional yang berisi virus yang dilemahkan, vaksin mRNA diketahui memiliki tingkat efikasi yang tinggi, terutama untuk penyakit berat.

“Nah, uji klinis Moderna menunjukkan, vaksin ini bisa sangat memberikan manfaat bagi orang yang punya komorbid berat juga, penyakit paru, jantung, obesitas, diabetes, liver dan infeksi HIV, selain mereka yang autoimun. Sebetulnya, bukan merk Moderna-nya, tetapi jenis metode mRNA ini yang kemudian ditemukan aman dan efektif bagi mereka yang memiliki gangguan imunitas, salah satu merknya adalah Moderna,” kata Anies.

3. Ada 200 ribu dosis vaksin Moderna disiapkan untuk kelompok immunocompromised

Vaksin Moderna Dipakai di DKI, Kelompok Ini Segera Daftar VaksinasiVaksin Moderna (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan, ada 200 ribu vaksin merk Moderna yang akan diperuntukkan bagi warga DKI Jakarta, yang termasuk kelompok immunocompromised.

“Jadi, sebanyak 200.060 akan diperuntukkan bagi warga di DKI Jakarta dengan prioritas warga yang mengalami immunocompromised, tetapi kami tidak menutup kemungkinan hal lain terkait status kesehatan. Jadi, akan ada 35 faskes (fasilitas kesehatan) di DKI Jakarta yang akan memberikan pelayanan tersebut,” ungkap Widyastuti.

Baca Juga: Vaksin Moderna untuk Umum, Ini Syarat dan Lokasinya di Jakarta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya