Comscore Tracker

Vaksinasi Pedagang, IKAPPI Minta Pemerintah Perhatikan Validasi Data

Ada 200 ribu pedagang yang tersebar di DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Program vaksinasi COVID-19 dari pemerintah sudah memasuki babak baru, setelah sebelumnya tenaga kesehatan mendapatkan kesempatan divaksinasi, kini giliran para pedagang.

Vaksinasi kepada pedagang dimulai di ibu kota pada Rabu (17/2/2021) diawali di pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Proses vaksinasi di pasar yang dibangun pada 1735 itu ditinjau langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menanggapi hal ini, Ketua Bidang Infokom DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Reynaldi Sarijowan mengingatkan agar pemerintah berhati-hati dalam melakukan pendataan para pedagang pasar di DKI Jakarta.

"Sebab, berdasarkan catatan IKAPPI, saat ini ada lebih dari 200 ribu pedagang yang berada di ratusan pasar di ibu kota. Validitas data ini menjadi penting agar sasaran vaksinasi bisa tercapai," kata dia kepada IDN Times, hari ini.

1. Pendataan perlu melibatkan pedagang

Vaksinasi Pedagang, IKAPPI Minta Pemerintah Perhatikan Validasi DataJokowi meninjau proses vaksinasi Pedagang di Tanah Abang didampingi oleh Menkes BGS dan Gubernur Anies pada Rabu (17/2/2021) (Youtube.com/Kementerian Kesehatan RI)

Reynaldi menjelaskan bahwa vaksinasi kepada pedagang sangatlah penting, maka dari itu proses pendataan juga harus melibatkan pedagang itu sendiri.

Pemerintah juga kata dia perlu membangun komunikasi dan sosialisasi pada para pedagang terkait vaksin COVID-19 yang akan mereka terima.

Baca Juga: Ditemani Anies dan Menkes, Jokowi Cek Vaksinasi Pedagang Tanah Abang

2. Berharap agar pasar tradisional bisa aman dari COVID-19

Vaksinasi Pedagang, IKAPPI Minta Pemerintah Perhatikan Validasi DataPelaksanaan Vaksinasi COVID-19 untuk Pedagang Pasar Tanah Abang (YouTube.com/Kementerian Kesehatan RI)

Menurut Reynaldi, PD Pasar Jaya sudah memiliki data yang cukup mumpuni dan kredibel terkait pedagang di pasar Tanah Abang.

Dia berpesan agar pemerintah bisa mendorong program vaksinasi ini sesuai prosedur yang baik dan pasar tradisional bisa aman dari virus.

"Kami mendorong pemerintah agar program vaksinasi ini berjalan dengan baik sesuai prosedur dan juga pasar tradisional aman bebas dari COVID-19," ujarnya.

3. Target 1.500 pedagang disuntik vaksin per hari

Vaksinasi Pedagang, IKAPPI Minta Pemerintah Perhatikan Validasi DataPelaksanaan Vaksinasi COVID-19 untuk Pedagang Pasar Tanah Abang (YouTube.com/Kementerian Kesehatan RI)

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendampingi Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam proses vaksininasi pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan ini Anies mengatakan bahwa sedikitnya ada 1.500 pedagang yang bakal menerima vaksin per harinya. Kegiatan ini akan dilaksanakan hingga lima hari ke depan.

"Pagi hari ini, di pusat perdagangan pasar Tanah Abang dimulai vaksinasi untuk para pedagang dan para pekerja di Tanah Abang jumlah total yang terdaftar ada 9.791 orang perhari akan divaksin 1.500," kata dia kepada awak media, Rabu.

Untuk kegiatan vaksin kali ini, ada 150 tenaga kesehatan yang diturunkan untuk kerja vaksinasi.

Baca Juga: DKI Jakarta Mulai Vaksinasi Pedagang Pasar, Diawali di Tanah Abang

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya