Vaksinasi Tahap Kedua Sasar 3,5 Juta Penerima di DKI Jakarta

Vaksinasi lansia dimulai hari ini

Jakarta, IDN Times - Program vaksinasi COVID-19 tahap 2 untuk kelompok lansia dan petugas pelayanan publik di DKI Jakarta telah dimulai sejak Rabu (17/2/2021). Total ada 3,5 juta orang dari berbagai elemen masyarakat yang menjadi sasaran vaksinasi tahap kedua ini.

"Data sasaran Lansia dan Petugas Publik di DKI Jakarta sebanyak 3,5 juta orang, yaitu untuk kelompok lansia, TNI/POLRI, Satpol PP, Pendidik, Tokoh Agama, Wartawan/Pekerja Media, Petugas Transportasi Publik, DPR/DPRD, ASN, Atlet, dan Sektor Pariwisata," kata  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, pada Media Update yang digelar secara virtual pada Jumat (19/2/2021).

Baca Juga: Kadinkes DKI Sebut Vaksinasi Bagi Lansia Dimulai Jumat Ini

1. Vaksinasi di pasar belum capai target harian

Vaksinasi Tahap Kedua Sasar 3,5 Juta Penerima di DKI JakartaPelaksanaan Vaksinasi COVID-19 untuk Pedagang Pasar Tanah Abang (YouTube.com/Kementerian Kesehatan RI)

DKI Jakarta telah ditunjuk menjadi percontohan pemberian vaksinasi di pasar dengan koordinasi bersama Kemenkes, Perumda Pasar Jaya, dan komunitas di pasar. Adapun jumlah sasaran yang sudah terdata berdasarkan data sensus yang diperoleh dari Perumda Pasar Jaya sebanyak 10 ribu orang.

"Alhamdulillah pelaksanaannya berjalan lancar, tertib. Hari pertama telah dilakukan vaksin kepada 1.404 orang, hari kedua 1.412 orang. Memang tidak sesuai target harian 1.500 karena hasil skrining kesehatan," ujar Widyastuti.

2. Pendataan peserta vaksin masih melalui sistem satu pintu

Vaksinasi Tahap Kedua Sasar 3,5 Juta Penerima di DKI JakartaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memantau jalannya vaksinasi COVID-19 perdana di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (15/1/2021) (Instagram/Anies Baswedan)

Baca Juga: Panglima TNI: TNI-Polri Telah Menyiapkan Ribuan Vaksinator

Terkait sistem pendataan, Pemprov DKI Jakarta kata Widyastuti masih melakukannya melalui sistem satu pintu (top down) dari pemerintah pusat. Meski demikian, Pemprov DKI secara paralel telah menyiapkan data sesuai jalur masing-masing.

"Kami juga berproses menyiapkan data sendiri sebagai data dampingan. Sehingga nanti pada saat layanannya sudah ada, terjadi interconnect data," kata dia.

Sementara itu terdapat 1.600 vaksinator yang telah tersebar di 44 kecamatan dan 512 fasilitas kesehatan. Pihaknya juga secara paralel sedang berproses untuk menambah jumlah vaksinator dengan berkoordinasi bersama organisasi profesi dan asosiasi RS atau Klinik.

3. Vaksinasi tahap pertama capai 90 persen

Vaksinasi Tahap Kedua Sasar 3,5 Juta Penerima di DKI JakartaPetugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Sedangkan dalam plaksanaan vaksinasi tahap pertama dengan sasaran para tenaga kesehatan masih terus berlangsung. Hingga saat ini, Widyastuti menjelaskan sudah ada 90 persen orang telah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis pertama, dan 55 persen orang telah mendapatkan dosis kedua.

Sementara sisanya yang belum mendapatkan vaksin merupakan nakes dan penunjang yang merupakan penyintas dan mempunyai komorbid.

Baca Juga: Vaksinasi Tahap Dua, DKI Pakai Vaksin Bio Covid dari Bio Farma

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya