Viani Limardi Masih Hadiri Rapat Walau Sudah Dipecat, Ini Kata PSI

Proses pemberhentian Viani Limardi sedang diproses PSI

Jakarta, IDN Times - Usai dipecat dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mantan anggota PSI Viani Limardi masih menghadiri rapat Komisi D di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih pada Selasa (5/10/2021).

Ketua DPW PSI DKI Jakarta Michael Victor Sianipar menegaskan bahwa proses pemberhentian Viani sebagai legislator sedang berjalan.

“Kami memastikan proses sedang berjalan dan sesuai peraturan perundangan. Saya harap kita semua dapat bersabar menunggu administrasi selesai. Setiap kursi legislator Fraksi PSI harus diisi oleh orang-orang yang amanah dan berintegritas,” kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (6/10/2021).

1. Keputusan menindak Viani dianggap sudah pertimbangankan banyak aspek

Viani Limardi Masih Hadiri Rapat Walau Sudah Dipecat, Ini Kata PSIIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Michael menambahkan keputusan yang dikeluarkan oleh DPP PSI sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dia mengklaim yakin 500 ribu warga Jakarta memilih PSI di tahun 2019 karena menaruh harapan besar bahwa PSI akan berani bersikap tegas terhadap kadernya sendiri.

Keputusan untuk menindak Viani yang diduga melenceng dari nilai perjuangan diklaim telah diambil dengan penuh kehati-hatian dan seksama yakni dengan mempertimbangkan segala aspek keorganisasian dan mekanisme internal partai dari tingkat DPW hingga DPP.

Baca Juga: Sekwan DPRD DKI Tak Temukan Penggelembungan Dana Reses Viani Limardi

2. Peran pengawasan partai dianggap penting dan perlu ada upaya tegas

Viani Limardi Masih Hadiri Rapat Walau Sudah Dipecat, Ini Kata PSIEks Anggota fraksi PSI, Viani Limardi (Dok. IDN Times/PSI Jakarta)

Michael juga mengatakan, peran pengawasan partai sangat penting. Menurutnya, jika partai tidak berani tegas terhadap anggota dewannya, lantas siapa yang bisa menertibkan kerja para anggota dewan.

"Keputusan DPP ini adalah bukti komitmen partai untuk menegakkan aturan secara tegas pada setiap kader,” kata dia.

3. PSI singgung masalah integeritas anggota

Viani Limardi Masih Hadiri Rapat Walau Sudah Dipecat, Ini Kata PSIIDN Times/Margith Juita Damanik

Menurutnya, setiap kader yang menduduki jabatan publik harus mampu mewakili nilai-nilai perjuangan PSI dan menjaga integritasnya. Bagi PSI, komitmen terhadap nilai integritas serta komitmen untuk hadir kerja untuk rakyat tersebut sangat penting.

“Di PSI, tidak ada orang yang tidak bisa digantikan. Kader yang sudah melenceng bisa diganti, tapi nilai-nilai PSI tidak dapat dan tidak boleh digantikan. Ini pengingat untuk kita semua bahwa politik nilai itu paling penting. Kader PSI yang duduk di jabatan publik harus menjadi wajah dari politik gagasan PSI," ujarnya.

Baca Juga: Anggota DPRD DKI Jakarta Viani Limardi Dipecat PSI 

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya