Viral Bus TransJakarta Nyangkut di Jalur KRL, Ini Penjelasannya

Penumpang berhamburan keluar saat bus tersangkut di rel

Jakarta, IDN Times - Video sebuah bus Transjakarta berhenti tepat di tengah jalur kereta viral di media sosial pada Selasa (1/6/2021). Dalam video itu terlihat penumpang berhamburan keluar dari dalam bus, tak lama sebuah KRL mulai mendekat namun perlahan berhenti karena bus belum bisa beranjak dari jalur kereta terbut. Salah satu video diunggah oleh akun Instagram @Jakartaterkini.

"Mengalami gangguan mesin di tengah perlintasan kereta api Jembatan Halimun Jakarta Selatan pagi tadi, Selasa, 1/6/2021," tulis akun itu.

1. Armada yang tersangkut adalah bus operator Mayasari Bakti dengan rute Manggarai–Blok M (6M)

Viral Bus TransJakarta Nyangkut di Jalur KRL, Ini PenjelasannyaBus Transjakarta yang tersangkut di jalur kereta (instagram.com/Jakartaterkini)

PT Transjakarta menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi pada Senin (31/5/2021). Saat itu, armada bus operator Mayasari Bakti dengan rute Manggarai-Blok M (6M) melintas dari arah Tosari dengan kondisi lampu perlintasan kereta sudah berwarna hijau.

Namun, saat melintas tepat di atas rel kereta api Halimun, Jakarta Pusat, roda bus tiba-tiba terhenti. Tidak lama, sirine kereta api terdengar berbunyi yang mengakibatkan pelanggan yang berada di dalam bus panik dan berinisiatif turun untuk menyelamatkan diri dari dalam bus menggunakan pintu depan dan tengah.

Baca Juga: Viral Cerita Sopir Ambulans Antar Jasad Korban Kecelakaan, Sendirian!

2. Dirut Transjakarta sebut tak ada kerusakan bus

Viral Bus TransJakarta Nyangkut di Jalur KRL, Ini PenjelasannyaTangkapan layar CCTV bus Transjakarta yang tersangkut di jalur kereta (dok. Humas PT TransJakarta)

Sementara itu Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Sardjono Jhony Tjitrokusumo menyampaikan bahwa insiden ini terjadi bukan karena ada kerusakan pada bus.

"Investigasi sedang dilakukan untuk mencari penyebabnya. Setelah pelanggan telah turun, dengan sigap petugas patroli yang berada di lokasi kejadian dibantu warga mendorong bus tersebut agar bisa melintasi rel," ujarnya dalam keterangan tertulis

3. Pengemudi yang bertugas diberikan sanksi

Viral Bus TransJakarta Nyangkut di Jalur KRL, Ini PenjelasannyaIDN Times/Dini Suciatiningrum

Atas kejadian ini, Transjakarta melalui tim operasional dan tim teknik akan melakukan investigasi lebih lanjut.

Penyebab kejadian saat ini tengah diselidiki oleh pihak terkait. Pramudi yang bertugas saat itu juga turut diberikan sanksi.

Dari video yang diberikan oleh pihak Transjakarta terlihat bahwa bus tidak menerobos jalur kereta namun memang tersangkut saat melintas usai palang kereta terbuka.

Baca Juga: Viral, Ibu Muda di Depok Diarak Warga karena Mencuri HP dan Dompet

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya