Comscore Tracker

Viral Dokter Handoko, Usia 80 Tahun Berjuang Rawat Pasien Virus Corona

Saat ini dr Handoko dikabarkan sedang dirawat di ICU

Jakarta, IDN Times – Seorang Dokter berusia 80 tahun bernama Handoko Gunawan viral di jagat maya. Dia adalah salah satu sosok pejuang kesehatan yang berada di garis depan untuk melawan virus corona atau COVID-19.

Kisah dr. Handoko Gunawan ramai diperbincangkan di media sosial, salah satu aktris Indonesia Kirana Larasati juga membagikan kembali kisah dr. Handoko ketika bekerja melawan virus corona. Sebelumnya akun Noviana Kusumawardhani yang pertama kali membagikan kisah ini melalui akun Facebooknya.

Melalui akun Instagram pribadinya @kiranalarasati, foto-foto dr. Handoko mengenakan Alat Pelindung Diri (ADP) lengkap dengan masker menyentuh hati banyak warganet yang melihatnya.

“Beliau adalah dr. Handoko Gunawan, dokter ahli paru di RS Graha Kedoya. Umurnya sudah 80,” tulis Kirana dalam keterangan foto yang dia unggah pada, Selasa (17/3).

1. Kerap bekerja hingga pukul 3 pagi

Viral Dokter Handoko, Usia 80 Tahun Berjuang Rawat Pasien Virus Coronadr. Handoko Gunawan (Instagram/Kiranalarasati)

Lebih lanjut, Kirana menjelaskan bahwa dr. Gunawan kerap bekerja hingga subuh. Karena itulah, menurut Kirana, anak-anak dr. Gunawan kerap mengingatkan sang ayah untuk tidak bekerja menangani pasien.

“Tetapi katanya kalau dia mati juga gapapa,” kata Kirana.

Baca Juga: Tes Virus Corona Harus Atas Permintaan Dokter, Bukan Pribadi

2. Dikabarkan dr. Gunawan sedang dirawat di ICU

Viral Dokter Handoko, Usia 80 Tahun Berjuang Rawat Pasien Virus Coronadr. Handoko Gunawan (Instagram/Kiranalarasati)

Selain mengunggah foto sang dokter yang tengah menggunakan ADP untuk menangani virus corona, Kirana juga mengunggah sebuah foto yang mengambarkan kondisi dr. Gunawan yang sedang dirawat. Dalam foto tersebut terlihat dr. Gunawan terbaring di tempat tidur perawatan.

Foto tangkapan layar pesan itu juga berisi tulisan yang mengatakan bahwa dr. Handoko sedang dirawat di ICU karena sesak napas.

“Mari kita doakan lebih kuat lagi, #dokterHandokoGunawan,” tulis Kirana.

3. Anggota Ikatan Dokter Indonesia dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia

Viral Dokter Handoko, Usia 80 Tahun Berjuang Rawat Pasien Virus CoronaIDN Times/Aji

Sebuah situs jasa konsultasi dokter, Konsula menuliskan bahwa dr. Handoko Gunawan adalah seorang Dokter Spesialis Paru dengan pengalaman kerja selama 39 tahun. dr. Handoko adalah alumnus dari Universitas Indonesia. Dia juga anggota dari Ikatan Dokter Indonesia dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.

Selain melakukan praktek di Rumah Sakit Graha Kedoya Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dia juga bekerja di Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara.

4. Banyak dukungan dari warganet

Viral Dokter Handoko, Usia 80 Tahun Berjuang Rawat Pasien Virus CoronaSeorang pria memakai masker pelindung menyusul penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) berjalan di Tokyo, Jepang, Selasa (17/3/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Edgard Garrido

Unggahan Kirana menarik perhatian warganet, tidak sedikit yang mengomentari unggahannya dengan doa dan dukungan. Sejak diunggah kembali oleh Kirana, kisah dr. Gunawan sudah disukai oleh 10,053 pengguna Instagram.

Artis Indonesia lainnya juga terlihat memberi dukungan pada dr, Handoko melalui komentar mereka, salah satunya adalah Titi Kamal yang mendoakan agar dr. Gunawan diberikan kekuatan.

“Semoga diberikan kekuatan pahlawan terbaik,” tulis Titi Kamal.

Maya Septha juga mendoakan sang dokter agar selalu diberikan kesehatan.

“Semoga sehat panjang umur,” kata Maya.

Baca Juga: Perhimpunan Dokter Emergenci Ungkap Aspek Lain dari Lockdown

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya