Viral Foto Gunung Gede Pemprov DKI Buat Kontes Foto, Buruan Ikut

Foto Gunung Gede Pangrango terlihat di Kemayoran viral

Jakarta, IDN Times - Sebuah potret pemandangan karya Ari Wibisono mendadak viral di media sosial. Foto dengan latar penampakan Gunung Gede Pangrango yang begitu jelas dan besar dari kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat tersebut menjadi perdebatan warganet.

Momen ini pun dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Content Creator Community, membuat kontes foto.

Akun Instagram resmi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membagikan infomasi terkait kontes foto yang diberikan judul "Jakarta Pangrango Photo Challenge" pada Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Viral Foto Gunung Gede dari Kemayoran, Pemprov DKI: Dampak PSBB

1. Hadiah bagi 10 pemenang

Kontes foto ini digelar dengan total hadiah Rp500 ribu untuk 10 peserta dengan foto terbaik. 

Lomba ini diinisiasi oleh akun Instagram Jakarta Content Creator Community atau @jccommunity.

Pemenang diumumkan pada 23 Februari 2021.

2. Syarat foto tak boleh tempelan

Viral Foto Gunung Gede Pemprov DKI Buat Kontes Foto, Buruan IkutLensa kamera akan berjamur jika jarang dibersihkan (IDN Times/Umi Kalsum)

Ada sejumlah persyaratan untuk bisa mengikuti kontes foto ini. Pertama, foto boleh diambil dari sudut manapun di Jakarta namun wajib menyebutkan lokasi pengambilan foto.

Peserta juga boleh menggunakan kamera apapun dan proses editing foto hanya boleh mengubah tone warna dan bukan kolase objek foto.

Gunakan hastag #bukantempelan #jcccomunity dan mention serta mengikuti akun @jcccomunity.

Hingga Jumat (19/2/2021), sudah ada lebih dari 100 foto yang mengkuti kontes ini.

3. Tudingan foto tempelan dibantah pemilik foto

Viral Foto Gunung Gede Pemprov DKI Buat Kontes Foto, Buruan IkutIDNTimes/Holy Kartika

Foto pemandangan gunung Pangrango yang terlihat dari Jakarta menjadi perdebatan. Salah satu orang yang berpendapat melalui media sosial adalah fotografer senior Arbain Rambey. Menurut dia, foto tersebut hasil penyuntingan sehingga tampak besar.

"Untuk dapat background segede gitu, butuh (lensa) tele panjang, lalu motret dari jauh. Melihat posisi mobil depan dan belakangnya, tele-nya gak panjang-panjang amat," kata Arbain seperti dikutip dari akun media sosial pribadi Arbain yang diunggah pada Rabu, 17 Februari 2021.

Walau demikian dia mengatakan, komentarnya itu merupakan analisis ringan di media sosial pada malam hari. Ia juga membantah telah merundung sang fotografer.

Tetapi, lewat Instagram pribadinya, Ari Wibisono menjelaskan bahwa foto yang diambilnya adalah asli. Dia juga menyayangkan ada sejumlah pihak yang menyebut gunung itu suntingan dan tak ada.

"Sebelum mengoreksi sebuah karya, boleh dicoba di tempat dan lensa yang sama. Saya jamin di titik itu ketika udara di ibu kota bersih, Gunung Gede Pangrango akan terlihat," ujar Ari.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Viral, Video 4 Lembar Uang Rp1.000 Menyatu

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya