Wacana Pembukaan Bioskop, Polisi Dukung Apapun Kebijakan Pemprov DKI

Anies rencananya akan buka bioskop dalam waktu dekat

Jakarta, IDN Times - Wacana pembukaan kembali bioskop di tengah pandemik COVID-19 ditanggapi oleh kepolisian. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya siap mendukung kebijakan Pemprov DKI Jakarta.

Kendati demikian, polisi juga masih menunggu kebijakan dari gugus tugas untuk penerapan di lapangan.

"Nanti kita masih menunggu kebijakan dari gugus tugas ya, dalam hal ini kepolisian siap mendukung. Bagaimana teknisnya di lapangan kan belum ada untuk kepastiannya, kita tunggu saja nanti," kata Yusri Yunus pada awak media, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga: 5 Fakta Wacana Pembukaan Bioskop di Jakarta, Millennial Setuju Gak?

1. Teknis pembukaan bioskop akan dibahas Gubernur DKI, Pangdam, dan Kapolda

Wacana Pembukaan Bioskop, Polisi Dukung Apapun Kebijakan Pemprov DKIKepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus saat Konferensi Pers Kasus John Kei di Polda Metro Jaya (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Yusri menjelaskan, teknis pembukaan bioskop di Jakarta akan dibahas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Pangdam Jaya dan juga Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana‎.

"Kami kan tim gugus tugas ya, dalam hal ini ketuanya adalah Bapak Gubernur DKI Jakarta, wakilnya adalah Pangdam dan Kapolda, itu akan dibicarakan pasti oleh tim seperti apa, apa untungnya, apa ruginya, makanya kita tunggu," ujar dia.

2. Koordinasi akan terus dilakukan

Wacana Pembukaan Bioskop, Polisi Dukung Apapun Kebijakan Pemprov DKIIlustrasi bioskop (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Yusri mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait rencana pembukaan kembali bioskop.

Intinya, kata dia, Polda Metro Jaya akan mendukung keputusan dan kebijakan pemerintah.

3. Anies berencana buka bioskop karena 47 negara sudah melakukannya

Wacana Pembukaan Bioskop, Polisi Dukung Apapun Kebijakan Pemprov DKIGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Diberitakan IDN Times sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, bioskop akan dibuka dalam waktu dekat. 

"Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop akan kembali dibuka, dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detail dan adanya pengawasan yang ketat, sehingga pelaku industri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa risiko yang besar," ucap Anies dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (26/8/2020).

Rencana pembukaan bioskop didasarkan pada studi dan kajian pakar terkait pengelolaan bioskop yang sudah dilakukan berbagai negara.

Hal ini, kata Anies, telah dirundingkan dengan Satgas COVID-19, bahkan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

"Jadi 47 negara saat ini kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa. Bahkan di Korea Selatan, selama pandemi termasuk puncak pandemi mereka di sana bioskop tidak ditutup," kata Anies.

Baca Juga: Ini Protokol Lengkap Nonton di Bioskop Jika Sudah Buka Lagi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya