Comscore Tracker

Wagub Berharap Bank DKI Bisa Ikut Bantu Pemprov Pulihkan Ekonomi

Bank DKI tingkatkan program integrasi teknologi

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta Bank DKI aktif berkontribusi untuk memulihkan perekonomian ibukota. Harapan itu disampaikan seiring dengan doa yang diucapkan pria yang akrab disapa Ariza dalam HUT ke-493 pada (22/6) lalu. Momen HUT DKI Jakarta tahun 2020 memang tidak semarak lantaran ibukota masih dilanda pandemik COVID-19. 

"Bank DKI termasuk menjadi perhatian kita bersama, supaya bisa membantu terlibat aktif memberikan kontribusi dalam rangka pemulihan ekonomi di Jakarta dengan berbagai program pengembangannya," ungkap Ariza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, pada Jumat (26/6). 

Program apa saja dari Bank DKI yang dapat membantu memulihkan perekonomian ibukota?

1. Wagub berharap pengembangan program Bank DKI semakin meningkat

Wagub Berharap Bank DKI Bisa Ikut Bantu Pemprov Pulihkan EkonomiRiza Patria dalam Paripurna Pemilihan Wagub DKI Jakarta(6/4) (Dok. Humas DPRD DKI Jakarta)

Ariza berharap agar berbagai program pengembangan bisa terus ditingkatkan oleh Bank DKI Jakarta, seperti program memajukan ekonomi dengan meningkatkan pemberian kredit usaha rakyat (KUR), kredit bantuan UMKM hingga kredit perumahan bagi masyarakat.

"Hal itu untuk mendorong usaha pemerintah dalam meningkatkan perekonomian dengan pemberian insentif pajak akibat dampak COVID-19 ini," kata dia.

Baca Juga: Pakar: Anies Harus Pakai Momen HUT Jakarta untuk Lepas dari COVID-19

2. Bank DKI diharapkan turut serta dalam setiap program pemprov

Wagub Berharap Bank DKI Bisa Ikut Bantu Pemprov Pulihkan EkonomiMonas sisi selatan usai direvitalisasi Pemprov DKI Jakarta (IDN Times/Aryodamar)

Berdasarkan keterangan Wagub Ariza, Bank DKI diklaim terus mendukung semua program milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satunya turut memprakarsai penerapan elektronifikasi pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Program elektronifikasi ini diaplikasikan dalam electronic banking, pajak dan retribusi, layanan pemerintah, bantuan sosial, digital island, pariwisata, transportasi, dan perdagangan. 

3. Salah satu program yang tengah dikembangkan Bank DKI yakni integrasi di sektor transportasi

Wagub Berharap Bank DKI Bisa Ikut Bantu Pemprov Pulihkan EkonomiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain itu ada beberapa program lainnya yang juga tengah dikembangkan, di antaranya adalah aggregator pajak dan retribusi dalam pajak. Selain itu ada pula untuk segmen transportasi yang mencoba integrasi jalan tol dengan kereta commuter, electronic road pricing, dan electronic fare collection.

Ada pula beberapa program lainnya terkait integrasi belanja kebutuhan sehari-hari warga seperti e-order, agen Bank DKI, dan JakWarung. Semua program itu masih dikembangkan. 

"Kami sangat mengapresiasi usaha yang baik untuk turut serta memperbaiki perekonomian Jakarta. Harapannya dengan usia ke-493 ini, meski tidak dengan perayaan berbagai kegiatan, mudah-mudahan Jakarta ke depannya akan mendapat kado yang terbaik segera pulih dari COVID-19 di segala bidang, termasuk perekonomian," kata Ariza.

Baca Juga: [UPDATE] Jawa Timur Lampaui Jumlah Kasus COVID-19 di DKI Jakarta

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya