Comscore Tracker

Wagub DKI: Bansos Tunai Sudah 90 Persen Tersalurkan

Bansos dari APBD DKI disalurkan dari Bank DKI

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk warga Ibu Kota sudah mencapai 90 persen. BST dicairkan warga melalui Bank DKI Jakarta.

"Bantuan Sosial Tunai sudah mencapai lebih dari 90 persen. Kemarin saya tinjau di beberapa lokasi, alhamdulillah sudah dilaksanakan, yang kami bagikan melalui ATM Bank DKI," kata Riza di kawasan Jakarta Selatan, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Wagub Sebut Ada 738 Ribu Warga DKI Terima BST Kemensos

1. BST dari APBD disalurkan dari Bank DKI, supaya tak ada kerumunan

Wagub DKI: Bansos Tunai Sudah 90 Persen TersalurkanRiza Patria di Danau Sunter, Jakarta Utara (Dok. IDN Times/Istimewa)

Riza mengatakan ke depan seluruh bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) akan menggunakan Bank DKI sebagai penyalur utama, untuk mencegah kerumunan.

"Diharapkan juga ke depan seluruh bantuan dari Jakarta melalui APBD lebih dari 1 juta dapat disalurkan melalui ATM Bank DKI. Ini baik sekali sehingga tidak terjadi kerumunan," ujarnya.

2. Riza berharap BST dari pemerintah pusat bisa menggunakan transfer bank

Wagub DKI: Bansos Tunai Sudah 90 Persen TersalurkanPemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai mendistribusikan bantuan sosial secara tunai bagi warga terdampak COVID-19 pada Selasa (12/1/2021). (Dok. Humas DKI Jakarta)

Di DKI Jakarta ada dua jenis BST yang diberikan yakni dari Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Sosial (Kemensos) yang dananya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dia berharap agar bantuan dari Kemensos tidak lagi disalurkan melalui PT Pos Indonesia, tapi lewat transfer bank.

"Mudah-mudahan dukungan bantuan dari PT Pos dan Kemensos ke depan bisa dilakukan melalui ATM agar tidak menimbulkan kerumunan," ujarnya.

3. Ada lebih dari sejuta warga terima BST di Jakarta

Wagub DKI: Bansos Tunai Sudah 90 Persen TersalurkanIlustrasi petugas Kantor Pos memotret warga untuk data bukti penerima bantuan sosial tunai di Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (13/5). (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Politikus Partai Gerindra ini berharap agar bantuan yang diberikan pada masyarakat ini, bisa membantu kondisi ekonomi warga Ibu Kota yang terdampak aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

BST di DKI Jakarta mulai disalurkan kepada 1.007.379 kepala keluarga (dari APBD) dan kepada 837 ribu kepala keluarga yang dananya bersumber dari APBN.

Baca Juga: BST DKI Jakarta Rp600 Ribu Dinilai Tak Cukup Penuhi Kebutuhan Dasar

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya