Comscore Tracker

Wagub DKI Jakarta Bantah Anak Emaskan Road Bike

Riza sebut keinginan bersepeda meningkat di tengah pandemik

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tak berniat untuk menganakemaskan pesepeda road bike dengan sejumlah fasilitas dan kondisi yang ada, apalagi uji coba jalur road bike di jalan Sudirman-Thamrin sudah mulai berlangsung sejak Senin (7/6/2021) pagi.

"Jadi sekali lagi tidak ada maksud dari kami Pemprov DKI untuk menganakemaskan road bike. Semua tugas kami Pemprov seperti yang kami sampaikan memberikan pelayanan terbaik bagi semua warga, semua komunitas, semua cabang olahraga," ujarnya di Balai Kota Jakarta, Senin malam.

1. Animo masyarakat untuk bersepeda meningkat

Wagub DKI Jakarta Bantah Anak Emaskan Road BikePesepeda menikmati jalan Malioboro yang bebas dari kendaraan bermotor. IDN Times/Febriana Sinta

Dia mengungkapkan bahwa sejak pandemik COVID-19, animo masyarakat untuk bersepeda meningkat baik itu sepeda road bike maupun non-road bike.

Maka dari itu, untuk mencarikan solusinya, dia mengungkapkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan ide ini.

"Pak gubernur sudah sejak awal bersama Mas Sandi (Sandiaga Uno) itu memperluas dan memperlebar memperpanjang jalur sepeda," ujar dia.

Baca Juga: Lagi, Beda Pendapat Anies-Riza soal Jalur Road Bike

2. Tiap rekomendasi, kritik dan saran akan didengarkan

Wagub DKI Jakarta Bantah Anak Emaskan Road BikeWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Politikus Gerindra ini juga mengatakan bahwa tiap pro dan kontra yang timbul dari tiap kebijakan bisa didiskusikan, karena Jakarta adalah kota milik bersama. Setiap rekomendasi, kritik bahkan saran kata dia akan didengar untuk dilanjutkan menjadi aturan yang berlaku.

"Nanti pak Gubernur setelah mendengar semua akan uji coba bersama Polda Metro bersama semua dinas, terkait akan memutuskan yang terbaik atau Kepgub," ujarnya.

3. Alasan pesepeda non-road bike tak bisa melintas di JLNT

Wagub DKI Jakarta Bantah Anak Emaskan Road BikeSejumlah pesepeda memacu kecepatan saat berlangsungnya uji coba pemberlakuan lintasan road bike di jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Minggu (23/5/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

Pemprov DKI Jakarta mengizinkan sepeda balap atau road bike melintasi Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, sedangkan sepeda jenis lain tak bisa melewatinya. Hal ini membuat kesenjangan antara pesepeda non-road bike. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa alasannya adalah perbedaan kecepatan.

"Kita pahami bahwa tadi di tengah-tengah animo masyarakat dalam bersepeda ada pemisahan kecepatan. Jadi kecepatan road bike rata-rata kecepatannya adalah 40 km/jam sementara untuk non-road bike itu 20-25 km/jam," kata Syafrin di Jakarta, Minggu (6/6/2021).

4. JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang dan jalan Sudirman-Thamrin sudah terintegrasi

Wagub DKI Jakarta Bantah Anak Emaskan Road BikeIlustrasi Jalur Sepeda (IDN Times/Dwi Agustiar)

Jalan kata Syafrin harus dipisahkan agar keselamatan dan kenyamanan para pesepeda bis dipenuhi, apalagi pesepeda dan pengendara transportasi lainnya berada di ruang lalu lintas yang sama.

Dia juga mengatakan bahwa JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang dan jalan Sudirman-Thamrin sudah terintegrasi antar jaringannya.

"Oleh karena itu pengguna road bike di JLNT itu bisa langsung diarahkan ke jalan Sudirman untuk langsung bergabung ke jalur sepeda yang ada di sana pop up bike line yang sudah disiapkan,"ujar dia.

"Demikian juga dengan pengguna road bike di Jalan Sudirman-Thamrin begitu mereka berada di jalan Sudirman-Thamrin langsung bisa diarahkan ke jalan JLNT untuk beraktivitas ke JLNT sepanjang lintasan road bike. Artinya pemisahan secara fisik bisa langsung dilakukan pada saat lintasan road bike ditetapkan," katanya.

Pengguna sepeda non-road bike kata dia sudah bisa melewati lintasan di jalan Sudirman-Thamrin karena sudah ada tambahan jalur sepeda sementara.

Baca Juga: Alasan Uji Coba Road Bike di Sudirman-Thamrin Bukan saat Weekend

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya