Comscore Tracker

Wagub DKI Jakarta Tepis Isu Sekolah Buka 13 Juli

Akan diumumkan pada waktu yang tepat

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah isu pembukaan sekolah kembali pada 13 Juli mendatang. Menurut dia pemerintah belum memiliki rencana untuk menerapkan kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka.

"Sekolah tanggal 13 Juli itu belum, nanti kita akan umumkan kapan waktu yang tepat mulai bersekolah," kata dia di kawasan Jakarta Timur, Senin (1/6).

1. Mempertimbangkan kondisi anak-anak usia kurang dari 10 tahun

Wagub DKI Jakarta Tepis Isu Sekolah Buka 13 Juliilustrasi penerimaan siswa baru atau PPDB di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Menurut dia, pertimbangan ini dengan memperhatikan kondisi anak-anak sekolah yang berusia di bawah 10 tahun. Dia juga menyebut tidak ada sinyal pembukaan sekolah akan dilakukan dalam waktu dekat. Sesuai dengan kalender akademi dari Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta, 13 Juli adalah hari pertama tahun ajaran dan awal semester.

"Sementara ini, sekolah, bekerja dan beribadah di rumah," ujarnya.

Baca Juga: Wagub DKI: Aturan Soal New Nomal Sedang Digodok!

2. Jadwal akademik 2020 Disdik DKI Jakarta telah keluar

Wagub DKI Jakarta Tepis Isu Sekolah Buka 13 JuliGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria (kanan) memberi salam usai pemilihan di Gedung DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Senin (6/4/2020). Pada pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022 oleh DPRD DKI Jakarta, politisi Gerindra Ahmad Riza Patria memperoleh 81 suara sedangkan politisi PKS Nurmansyah memperoleh 17 suara sedangkan dua suara tidak sah (ANTARA FOTO/Deka Wira S)

Sebelumnya, Disdik Provinsi DKI Jakarta merilis kalender pendidikan tahun ajaran 2020/2021 yang terlampir dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 467, tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Kamis (28/5).

Dalam kalender itu terlampir sejumlah kegiatan yang akan berlangsung selama tahun ajaran baru di tingkat PAUD/SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB/SMK/MAK di wilayah DKI Jakarta. Pada bulan Juli 2020 sudah tertulis beberapa wacana kegiatan sekolah, seperti di bawah ini.

1 -11 Juli 2020: Libur kenaikan kelas
13 Juli 2020: Hari pertama masuk sekolah dan awal semester
13-15 Juli 2020: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan proses adminisitrasi kelas
31 Juli 2020: Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

3. Sekolah baru akan dibuka jika kondisi sekolah aman

Wagub DKI Jakarta Tepis Isu Sekolah Buka 13 JuliIDN Times/ Muchammad

Namun, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Nahdiana, mengatakan bahwa rencana kembali pembukaan sekolah hanya akan dilakukan jika kondisi telah aman dari wabah virus corona.

"Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada permulaan tahun pelajaran baru tersebut bukan merupakan pembukaan kembali sekolah. Pembukaan Sekolah akan dilakukan setelah situasi dan kondisi dinyatakan aman dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar dia kepada wartawan, Kamis (28/5).

Baca Juga: Skenario New Normal di Sekolah, Masuk Bergilir dan Belajar 4 Jam

4. Anies baru akan membuka sekolah jika kondisi juga sudah aman

Wagub DKI Jakarta Tepis Isu Sekolah Buka 13 JuliGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam program Ngobrol Seru by IDN Times, Sabtu (23/5).

Hal senada juga dilontarkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia mengatakan bahwa pihaknya belum membahas soal pembukaan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Menurut dia, sekolah baru akan dibuka jika kondisinya telah aman.

"Kita baru mulai buka sekolah setelah aman, nah pada saat ini kita belum mendiskusikan kapan kita mau sekolah dibuka, dibahas pun belum," ujar Anies kapada IDN Times, Sabtu (23/5).

Baca Juga: Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Bukan Berarti Siswa Kembali ke Sekolah

Wagub DKI Jakarta Tepis Isu Sekolah Buka 13 Juli(Skenario new normal di Indonesia) IDN Times/Sukma Shakti

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya