Wagub DKI Klaim BOR Rumah Sakit di Jakarta Turun Jadi 73 Persen 

Ketersediaan obat dan oksigen di DKI Jakarta diklaim aman

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa kondisi keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) di Jakarta mengalami penurunan. Dia mengklaim bahwa saat ini keterisian ruang ICU (Intensive care unit) di Jakarta berada di angka 89 persen dan berharap semakin menurun.

"Alhamdulillah tempat tidur turun lagi yang terpakai sekarang tinggal 73 persen, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan turun ketersediaan tempat tidur," kata dia pada wartawan, Senin (26/7/2021).

 

1. Ketersediaan obat dan oksigen diklaim aman

Wagub DKI Klaim BOR Rumah Sakit di Jakarta Turun Jadi 73 Persen Ilustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Dia juga mengatakan bahwa ketersediaan obat dan oksigen di DKI Jakarta terbilang aman hingga saat ini. Menurutnya tidak ada kendala yang berarti dalam proses pengadaan obat dan oksigen.

"Kami mengajak semua pihak untuk berkolaborasi pihak swasta masyarakat siapapun, mari saatnya kita membantu menolong sesama kita dan saatnya berkorban bukan mengambil keuntungan di masa pandemi," ujar Riza.

Baca Juga: Wagub DKI: Kasus COVID-19 Turun, Kami Kekurangan Tenaga Kesehatan

2. Angka positif harian mulai turun

Wagub DKI Klaim BOR Rumah Sakit di Jakarta Turun Jadi 73 Persen Petugas mengendarai mobil layanan Ambulans Gawat Darurat (AGD) di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Jakarta, Jumat (25/6/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.

Politikus Gerindra ini juga mengatakan bahwa kasus positif harian di Jakarta juga kian menurun yakni berada di angka 5 ribu kasus, turun sekitar 3 ribu kasus dibandingkan pada Sabtu (24/7/2021). Angka kasus positif kemarin bertambah 5.393 kasus dan sebelumnya berjumlah 8.360 kasus.

"Alhamdulillah angka (tingkat) kematian turun di 1,4 persen, kesembuhan meningkat kembali menjadi 90,5 persen," ujarnya.

3. Anies sebut IGD di Jakarta tak lagi penuh

Wagub DKI Klaim BOR Rumah Sakit di Jakarta Turun Jadi 73 Persen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jadi inspektur Apel Patroli Skala Besar Gabungan pada Minggu (13/6/2021) malam (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya,  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengatakan bahwa saat ini kondisi ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) di DKI Jakarta mulai landai dan banyak yang kosong.

"Jadi bila melihat laporan dari rumah sakit, jumlah keterisian IGD sudah mulai tidak lagi full," kata dia, Minggu (25/7/2021).

Baca Juga: Anies Sebut Vaksinasi COVID-19 Ibarat Main Sepak Bola, Apa Maksudnya?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya