Comscore Tracker

Wagub DKI Minta Warga Tak Berenang Saat Banjir

Jangan ada korban anak-anak lagi saat banjir di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap tak ada lagi korban jiwa akibat banjir Jakarta. Dia meminta agar anak-anak tidak berenang saat banjir, karena dalam kejadian banjir 20 Februari ada empat anak-anak yang meninggal karena hanyut saat berenang di tengah banjir.

"Dua hari lalu ada lima korban jiwa satu lansia, 4 anak-anak. Kami, di jajaran dikerahkan untuk memastikan jangan sampai ada lagi korban jiwa khususnya bagi anak-anak," kata Riza Patria di Jakarta, Selasa (23/2/2021).

1. Orang tua harus edukasi anak-anak agar tak berenang saat banjir

Wagub DKI Minta Warga Tak Berenang Saat BanjirAnggota TNI dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Jakarta menarik perahu karet yang dinaiki warga saat melintasi genangan banjir di kawasan Bungur Besar Raya, Jakarta. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Dia meminta agar orang tua bisa memberikan edukasi pada anak-anak mereka untuk tidak berenang saat di lokasi banjir yang ada di Jakarta, tak hanya bagi balita namun untuk para remaja.

"Tidak hanya yang balita tetapi anak-anak remaja yang berusia 7 sampai 11, 12 untuk tidak bermain hujan berenang di temapt-tempat banjir," kata dia.

Baca Juga: Warga: Zaman Ahok Sungai Mau Dilebarin, Sekarang Dikeruk Saja Nggak!

2. Tegur anak-anak yang main air saat banjir

Wagub DKI Minta Warga Tak Berenang Saat BanjirIlustrasi Warga menggunakan sepeda melintasi genangan air akibat banjir rob di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Kamis (9/1/2020) (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Riza juga berharap agar masyarakat juga bisa mengimbau dan memperhatikan anak-anak untuk tidak berenang, dia mengatakan agar setiap orang menganggap anak-anak tersebut sebagai anak sendiri.

"Siapa saja seluruh warga Jakarta apabila melihat anak-anak kita anggap saja sebagai anak kita sendiri, mari kita imbau untuk tak berenang ketika banjir. Mudah-mudahan ini dapat mengurangi potensi korban jiwa yang ada," ujarnya.

3. Empat orang anak-anak dan satu lansia jadi korban banjir

Wagub DKI Minta Warga Tak Berenang Saat BanjirProses evakuasi warga terdampak banjir di IKPN BINTARO (Dok. Basarnas)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat laporan terdapat lima warga meninggal dunia akibat banjir yang melanda ibu kota sejak Sabtu dini hari. 

"Kami berduka cita bahwa ada korban meninggal jumlahnya lima orang dan empat dari lima ini adalah anak-anak yang masih berusia 7, 11, dan 13 tahun. Mereka meninggal saat bermain di air yang kemudian ada arus sehingga terpeleset dan lain-lain," ujarnya pada awak media, Minggu (21/1/2021).

Anies mengimbau pada jajarannya dan seluruh masyarakat agar menegur anak-anak yang bermain air saat banjir sebab sangat berisiko.

"Jika menyaksikan anak-anak bermain di kawasan yang sedang ada genangan maka supaya ditegur diajak untuk berhenti," kata dia.

Baca Juga: Viral Antrean Vaksin Lansia, Wagub DKI: Itu Antusiasme Warga

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya