Comscore Tracker

Wagub DKI Pastikan 17 Ribu Petak Makam COVID-19 Anyar Dibuka Bertahap

Makam COVID-19 dibuka bertahap pada bulan depan

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya akan menyediakan tambahan lahan pemakaman COVID-19 yang dibeli dan dibuka secara bertahap pada Februari 2021. Ia menyebut, lokasinya berada di beberapa titik di daerah Jakarta.

Salah satu Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang bakal segera dioperasikan adalah TPU Rorotan, Jakarta Utara.

"Di bulan depan secara bertahap kita akan mempersiapkan tidak kurang dar 17.100 petak. Mulai minggu depan di Rorotan sudah bisa difungsikan" kata Riza di TPU Rorotan, Rabu (27/1/2021).

1. Lima lahan pemakaman lain selain Rorotan

Wagub DKI Pastikan 17 Ribu Petak Makam COVID-19 Anyar Dibuka BertahapGubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersama dengan Riza Patria mengapresiasi keberadaan Tugu Peringatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kawasan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Instagram.com/kominfotik_ju)

Riza juga memastikan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyediakan lima lahan pemakaman lainnya untuk pemakaman jenazah dengan protokol COVID-19.

Salah satunya adalah di TPU Bambu Apus atau Bambu Wulung yang lahannya telah disiapkan lima hektare dengan luas tiga ribu meter persegi, serta daya tampung 800 petak makam.

Selain itu ada juga, TPU Srengseng Sawah yang sedang dalam proses persiapan dengan total luas tanah 3,4 hektare dan daya tampung 1.900 petak makam. Kemudian ada juga TPU Tegal Alur dengan 1,3 hektare lahan tambahan yang mampu menampung 800 petak makam.

Baca Juga: Wagub DKI: TPU Rorotan Siap Menampung Jenazah Pasien COVID-19

2. Pembukaan lahan di Ruang Terbuka Hijau

Wagub DKI Pastikan 17 Ribu Petak Makam COVID-19 Anyar Dibuka BertahapProses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati

Serta akan ada penambahan lahan pemakaman di Ruang Terbuka Hijau (RTH), Jalan Raya Pondok Gede/Dukuh II, Jakarta Timur, seluas 2,1 hektare lahan dan kapasitas sekitar 3.900 petak makam.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta juga rencananya bakal membuka RTH di Jalan Kramat 3, Jakarta Timur yang sudah dalam proses persiapan dengan luas lahan 5,2 hektare dan daya tampung 9.000 petak makam.

3. Sebanyak 100 petak makam akan ditambakan tiap bulan

Wagub DKI Pastikan 17 Ribu Petak Makam COVID-19 Anyar Dibuka BertahapSeorang ibu melihat proses pemakaman jenazah keluarganya yang meninggal dunia karena COVID-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka area pemakaman untuk jenazah COVID-19 di TPU Srengseng Sawah karena Taman Pemakaman Umum (TPU) khusus COVID-19 telah penuh (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Selain itu, Riza juga menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta tengah merampungkan 1.500 petak makam di lahan seluas delapan ribu meter persegi di TPU Rorotan. 

"Rorotan tadi 1.500 untuk sementara yang siap. Nanti setiap bulan akan kami tambah sebesar 1.000 kurang lebih," kata dia.

Baca Juga: Awal Februari TPU Rorotan Siap Tampung Jenazah COVID-19

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya