Wagub DKI Prihatin, Selebgram Rachel Vennya Harusnya Jadi Teladan

Rachel kabur saat karantina di Wisma Atlet Pademangan

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara soal isu kaburnya selebriti dunia maya Instagram (Selebgram), Rachel Vennya, saat menjalani karantina di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara. Menurutnya, seorang selebgram harusnya bisa menjadi teladan bagi orang lain.

“Tentu kita prihatin, kita harapkan para selebgram bisa menjadi teladan bagi masyarakat, karena selebgram itu kan punya pengikut, followers yang banyak. Seharusnya jadi contoh bagi yang lain,” kata Riza, di Jakarta, Kamis (14/10/2021) malam.

Baca Juga: Menkes Budi: Rachel Vennya Harus Kembali Dikarantina dan Dihukum

1. Diduga kabur berkat bantuan seorang anggota TNI

Wagub DKI Prihatin, Selebgram Rachel Vennya Harusnya Jadi TeladanRumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selebgram atau influencer kondang ini menjadi pembicaraan karena diduga melanggar ketentuan terkait kewajiban karantina, setelah pulang dari Amerika Serikat.

Kasus kaburnya Rachel semakin meluas, baru-baru ini diberitakan dia kabur berkat bantuan anggota TNI yang bertugas. Kini, kasus tersebut tengah diselidiki oleh Kodam Jaya. 

Kapendam Jaya Kolonel ARH Herwin BS menjelaskan, dari hasil penyelidikan sementara, Rachel terbukti kabur dari Wisma Atlet.

“Dari hasil penyelidikan sementara, terdapat temuan bahwa adanya oknum anggota TNI bagian pengamanan Satgas di bandara yang melakukan tindakan Nonprosedural," ujar Herwin dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

2. Dapat bantuan hindari prosedur yang berlaku

Wagub DKI Prihatin, Selebgram Rachel Vennya Harusnya Jadi TeladanRachel Vennya (instagram.com/rachelvennya)

Herwin mengungkapkan, Rachel Vennya diduga kabur karena dibantu anggota TNI berinisial FS, yang berperan mengatur agar Rachel Vennya dapat terhindar dari prosedur pelaksanaan karantina yang harus dilalui setelah melakukan perjalanan dari Luar Negeri.

"Atas perintah Pangdam Jaya selaku Pangkogasgabpad COVID-19, maka proses pemeriksaan dan penyidikan terhadap oknum tersebut akan dilakukan secepatnya," ujarnya.

3. Satgas COVID-19 juga sudah turun tangan

Wagub DKI Prihatin, Selebgram Rachel Vennya Harusnya Jadi TeladanJuru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut, pihaknya masih menyelidiki dugaan kaburnya influencer, Rachel Vennya, saat karantina di RSDC Pademangan, Jakarta Utara. 

"Saat ini masih dalam tahap penyelidikan terkait kejadian ini. Mohon menunggu hasil resminya," ujarnya saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (13/9/2021).

Baca Juga: Rachel Vennya Kabur dari Karantina, Anggota DPR: Tindak Tegas

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya