Wagub DKI Sebut Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Akan Diberi Pembatas

Diberi pembatas agar tak gabung dengan jalan protokol

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, jalur sepeda road bike di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, akan diberi pembatas, sehingga tak gabung dengan area jalan protokol lainnya.

"Harus ada pembatasnya, tidak bisa serta merta menguasai secara luas, secara umum tentu kita harus hormati pengguna jalan lainnya," ucap Riza di Balai Kota, Rabu (2/6/2021) malam.

Baca Juga: Awas! Polisi Bakal Tindak Pesepeda Road Bike yang Keluar Jalur Khusus

1. Pemprov masih susun aturan soal jalur road bike

Wagub DKI Sebut Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Akan Diberi PembatasGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertolak dari Balai Kota DKI Jakarta Pusat ke kediamannya dengan bersepeda pada Rabu (2/6/2021) (Instagram/@Aniesbaswedan)

Pemprov DKI Jakarta saat ini memang telah menyusun Keputusan Gubernur (Kepgub) terkait pengaturan lintasan road bike di Ibu Kota. Kepgub ini disusun oleh Pemprov DKI bersama Polda Metro Jaya.

"Itu kan uji coba disepakati oleh kepolisian, nanti kita lihat ya. Aturan itu sebelum dikeluarkan Pergub atau Kepgub kan sedang uji coba," ujarnya.

2. Beri kesempatan luas pada pesepeda, tapi harus saling menghormati

Wagub DKI Sebut Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Akan Diberi PembatasPesepeda menikmati jalan Malioboro yang bebas dari kendaraan bermotor. IDN Times/Febriana Sinta

Politikus Gerindra ini mengungkapkan bahwa bersepeda adalah kegiatan yang baik, maka dari itu pihaknya memberikan kesempatan seluas-luasnya pada komunitas pesepeda untuk berkegiatan, namun tetap menghormati sesama pengguna jalan.

"Tapi sekali lagi kami minta satu sama lain menghormati sesama pengguna jalan, pejalan kaki, pesepeda, road biker, pengguna motor, mobil, bus, truk dan semuanya harus saling menghormati," ujarnya.

3. Uji coba road bike di JLNT Kampung Melayu-Tahan Abang

Wagub DKI Sebut Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Akan Diberi PembatasSejumlah pesepeda memacu kecepatan saat berlangsungnya uji coba pemberlakuan lintasan road bike di jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Minggu (23/5/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

Pemprov DKI akan melaksanakan uji coba jalur road bike di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang tiap akhir pekan pukul 05.00-08.00 WIB. Aturan yang tengah digodok itu juga akan berlaku untuk lintasan road bike di jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin. Dua jalur ini masih dalam tahap uji coba.

"Untuk Itu road bike diuji coba sedang diberikan kesempatan di jalur yang sebelumnya belum pernah diberikan kesempatan seperti dari Kokas (kota casablanca) sampai ke Karet, kemudian Sudirman Thamrin di hari kerja di jam 05.00-06.30 WIB. Tapi ini semua masih uji coba ya," ujarnya.

Baca Juga: JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang Jadi Jalur Road Bike Tiap Akhir Pekan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya