Comscore Tracker

Wagub DKI: TPU Rorotan Belum Menampung Jenazah COVID-19

Pemprov DKI masih prioritaskan lahan TPU lain yang tersisa

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara belum digunakan sebagai lahan tambahan bagi jenazah pasien COVID-19.

Lahan yang diproyeksi dapat menampung 1.500 petak makam tersebut belum dioperasikan karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga saat ini masih memanfaatkan petak makam yang yang ada di beberapa TPU.

"Prinsipnya kita akan menyiapkan kurang lebih 1.500 di tahap satu dan itu dalam waktu dekat ini sudah siap. Tapi kan masih ada, kita masih memprioritaskan menyelesaikan tempat makam yang masih tersisa, di daerah-daerah lain masih ada di beberapa titik," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (20/1/2021).

1. Masih ada lahan di TPU Srengseng Sawah dan Tanah Kusir

Wagub DKI: TPU Rorotan Belum Menampung Jenazah COVID-19Seorang ibu melihat proses pemakaman jenazah keluarganya yang meninggal dunia karena COVID-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka area pemakaman untuk jenazah COVID-19 di TPU Srengseng Sawah karena Taman Pemakaman Umum (TPU) khusus COVID-19 telah penuh (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Beberapa TPU kata Riza masih memiliki sisa liang lahat yang dapat menampung jenazah COVID-19. Jika nantinya sudah dibutuhkan maka TPU Rorotan bakal digunakan

"Di Srengseng (Srengseng Sawah), di Tanah Kusir, di tempat lain nanti baru kita coba masuk ke Rorotan," ujarnya.

Sebelumnya Riza mengatakan TPU Rorotan sudah siap digunakan pada awal 2021. Namun dari pernyataannya hari ini, TPU tersebut batal beroperasi bulan ini.

"Termasuk Rorotan, InsyaAllah bulan ini sudah bisa digunakan," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (6/1/2021).

Baca Juga: Makam Pasien COVID-19 TPU Srengseng Sawah Tersisa 255 Liang Lahat

2. Wagub minta warga tak perlu khawatir soal penyediaan lahan pemakaman

Wagub DKI: TPU Rorotan Belum Menampung Jenazah COVID-19Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Pemprov DKI memang tengah menyiapkan TPU khusus untuk pemakaman jenazah COVID-19 sebagai pengganti TPU Pondok Ranggon dan Tegal Alur yang kini sudah penuh. Riza mengatakan tak perlu khawatir soal penyediaan lahan.

"Jadi gak usah khawatir, sekalipun di TPU Pondok Ranggon, dan di TPU Tegal Alur sudah hampir penuh, tapi di Rorotan sudah siap, jadi nanti tinggal dialihkan saja," kata dia.

3. Pembangunan TPU Rorotan dibagi jadi dua tahap

Wagub DKI: TPU Rorotan Belum Menampung Jenazah COVID-19Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Lewat unggahan di akun Instagramnya @bangariza, dia mengatakan bahwa pengadaan lahan di TPU Rorotan ini dibagi menjadi dua tahap.

"Kami sedang mengupayakan sebaik mungkin lahan baru pemakaman bagi korban COVID-19 di TPU Rorotan di Kelurahan Rorotan, kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Tahap pertama seluas 8.000 meter dari 2 hektare yang dapat menampung sekitar 1.500 petak makam," kata dia , Kamis (31/12/2020).

Nantinya Pemprov DKI Jakarta bakal mematangkan 25 hektare lahan di TPU Rorotan.

"Kami akan terus melakukan pematangan lahan di TPU Rorotan yang luasnya 25 hektare. Semua out sedang kami koordinasikan setiap pagi hingga sore, semoga dalam waktu cepat sudah bisa digunakan," kata Riza.

Baca Juga: Pemprov DKI Siapkan TPU Rorotan untuk Tampung 6 Ribu Jenazah COVID-19

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya