Comscore Tracker

Wagub Riza Tegaskan Pemprov DKI Larang Main Skateboard di Trotoar

Pemerintah telah menyediakan area untuk bermain skateboard

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara soal penertiban yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terhadap beberapa pemain skateboar di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Riza mengatakan bahwa kegiatan stakeboard tidak boleh dilakukan di trotoar karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Pusat telah menyediakan tempat untuk bermain skateboard

"Olahraga skateboard itu di trotoar tidak boleh, kan ada tempat yang sudah disiapkan. Pemprov siapkan, pemerintah pusat di Senayan juga disiapkan, jadi kalau di situ banyak warga yang keberatan, protes," ujar dia di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (5/3/2021).

Baca Juga: Janji Anies Usai Video Skateboarder Ditangkap Satpol PP Viral

1. Tugas Satpol PP adalah untuk menertipkan aturan

Wagub Riza Tegaskan Pemprov DKI Larang Main Skateboard di TrotoarWagub DKI Jakarta Riza Patria di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Riza juga mengatakan bahwa tugas dari Satpol PP adalah menertibkan masyarakat sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Hal itu juga berlaku kepada pemain skateboard yang diamankan Satpol PP lantaran tidak mengenakan masker.

"Mana yang boleh mana yang tidak. Itu dilakukan semata mata untuk memastikan keselamatan warga, yang bersangkutan, maupun warga yang lain," ujarnya.

2. Minta masyarakat mengerti dan mendukung tugas dari aparat

Wagub Riza Tegaskan Pemprov DKI Larang Main Skateboard di TrotoarWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Baca Juga: Viral Skateboarder Ditangkap, Satpol PP: Berkerumun dan Gak Bermasker

Wagub Riza meminta agar masyarakat DKI Jakarta bisa mengerti dan mendukung tugas dari aparat keamanan maupun penegak hukum dalam menjalankan tugas.

"Kebetulan viral, ya memang disitu ada pelanggaran. Untuk itu kami mohon masyarakat memahami, mengerti dan mendukung tugas tugas dari aparat, maupun satpol PP, TNI, Polri yang memang dapat tugas khusus untuk melakukan pemantauan, penertiban," katanya.

Dia juga mengklaim bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejauh ini sudah menyediakan fasilitas olahraga mulai dari Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Nasional Ragunan hingga Gelanggang Olahraga (GOR) yang menurutnya sudah cukup baik.

"Mari kita dukung fasilitas yang ada kita gunakan secara baik optimal agar sehat agar berprestasi," sambung Riza.

3. Video Satpol PP tindak pemain skateboard viral di media sosial

Wagub Riza Tegaskan Pemprov DKI Larang Main Skateboard di TrotoarSejumlah pemain skateboard ditangkap Satpol PP DKI (Instagram.com/Insurgentcrew)

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang merekam anggota Satpol PP sedang menangkap beberapa pemain skateboard di kawasan Thamrin, viral di media sosial.

Dalam keterangan video yang dibagikan akun instagram @insurgentcrew, pengunggah meminta petugas itu ditindak karena berbuat kasar.

Dia turut menyebut Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Gubernur Anies Baswedan di dalam unggahannya tersebut.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin tak membantah video tersebut. Dia menjelaskan bahwa penangkapan itu dilakukan karena pemain skateboard sudah berulang kali dingatkan untuk tidak berkerumun dan juga memakai maskernya. Namun masih tetap saja dilanggar.

"Didapati kegiatan teman-teman yang menggunakan skateboard itu bermain di sekitar trotoar di depan hotel Mandarin tanpa gunakan masker, berkerumun dan sebagainya," kata Arifin saat dihubungi, Kamis (4/3/2021).

Anggota Satpol PP DKI menangkap mereka untuk pendataan. Namun, ada sejumlah orang yang kabur dan menolak.

"Yang di video itu, dari mereka kan menolak, tidak mau, nah itu aja yang diambil," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Libur Isra Mi'raj, Wagub DKI Larang ASN Berlibur ke Luar Kota

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya