Wagub Sebut DKI Jakarta Baru Punya 30 Bus Listrik, Targetnya 100

Penggunaan kendaraan listrik diklaim hemat operasional

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki target untuk mempunyai 100 bus listrik yang beroperasi di Ibu Kota. Namun sejauh ini, Pemprov DKI Jakarta baru memiliki 30 unit bus listrik.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Dia mengatakan, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan dan BUMD mempunyai keinginan kuat memberikan peningkatan pelayanan transportasi di seluruh wilayah Ibu Kota.

“Alhamdulillah sudah diadakan tahun ini, tidak kurang dari 30 bus listrik Transjakarta dan akan terus dipenuhi setidaknya sampai 100 bus,” kata dia usai Upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Monas, Sabtu (17/9/2022).

Baca Juga: TransJakarta Uji Coba 3 Bus Listrik Rute Kampung Melayu-Tanah Abang

1. Akan sediakan 200 kendaraan listrik untuk operasional

Wagub Sebut DKI Jakarta Baru Punya 30 Bus Listrik, Targetnya 100IDN Times / Irfan Fathurohman

Selain itu, untuk operasional di DKI Jakarta, kata dia, pada 2023 juga tengah disiapkan kendaraan berbasis listrik.

“Kemudian kendaraan operasional juga insyaallah tahun depan akan disiapkan tidak kurang dari 100 dan kendaraan roda dua tidak kurang dari 100. Itulah sementara komitmen dan kemampuan kami untuk mendukung peningkatan jumlah kendaraan listrik,” kata dia.

Riza pun berharap, ke depannya target dari angka-angka kendaraan listrik itu akan terus bertambah.

Baca Juga: DKI Jakarta Bakal Gunakan 200 Kendaraan Listrik pada 2023

2. Berharap masyarakat juga bisa gunakan kendaraan listrik

Wagub Sebut DKI Jakarta Baru Punya 30 Bus Listrik, Targetnya 100Dok. Istimewa / Garuda Indonesia

Riza pun mengajak seluruh masyarakat, khususnya warga Jakarta untuk secara perlahan beralih ke transportasi umum dan menggunakan kendaraan listrik, alih-alih menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak.

“Mari kita tingkatkan pelayanan transportasi dan mari kita beralih menggunakan transportasi umum dan juga bisa beralih dari BBM yang selama ini kita gunakan dengan kendaraan listrik,” kata dia.

Baca Juga: Jokowi Teken Inpres Mobil Listrik, Pakar: Kurangi Ketergantungan BBM

3. Diklaim dapat mengurangi biaya operasional

Wagub Sebut DKI Jakarta Baru Punya 30 Bus Listrik, Targetnya 100IDN Times/Dwifantya Aquina

Adapun peralihan penggunaan kendaraan dari BBM ke listrik diyakini Riza dapat mengurangi biaya operasional. Khususnya bagi jajaran Pemprov DKI Jakarta yang juga akan berimbas kepada masyarakat.

“Insyaallah dengan demikian juga dapat mengurangi biaya operasional bagi seluruh jajaran Pemprov dan seluruh masyarakat. Termasuk juga meningkatkan program langit biru dalam rangka peningkatan udara yang bersih dan sehat,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Terbitkan Inpres, Minta  Kendaraan Listrik Jadi Mobil Dinas

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya