Comscore Tracker

Wajib Tahu! Ini Pengaruh Perubahan Iklim pada Kehidupan Sehari-hari

Kualitas air menurun, bisa berdampak juga untuk kesehatan

Jakarta, IDN Times - Ancaman perubahan iklim di Indonesia sesungguhnya sudah berada dalam kategori serius. Namun, belum banyak yang menyadari bahwa ancaman ini sudah dapat dirasakan langsung dampaknya oleh masyarakat sehari-hari.

Perubahan iklim dapat berdampak signifikan di tengah masyarakat. Salah satu asal muasal terjadinya perubahan iklim adalah penumpukan energi gas rumah kaca (GRK) yang akan menimbulkan energi radiasi yang terkumpul ke atmosfer bumi dan tertahan, lalu membentuk energi lain.

Perubahan iklim yang terjadi adalah pengaruh dari manusia baik secara langsung maupun tidak langsung, aktivitas manusia yang mengubah komposisi iklim telah berlangsung cukup lama, apalagi terkait dengan produksi emisi GRK yang tidak dapat diminimalisir.

Lalu apa saja dampak dari perubahan iklim pada kehidupan manusia?

1. Berpengaruh pada kualitas air

Wajib Tahu! Ini Pengaruh Perubahan Iklim pada Kehidupan Sehari-hariANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Dilansir dari situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, perubahan iklim dapat menurunkan kualitas air, karena curah hujan yang tinggi dapat menurunkan kualitas sumber air. Kenaikan suhu membuat kadar klorin pada air bersih meningkat.

Pemanasan global meningkatkan jumlah air pada atmosfer, yang berakibat pada peningkatan curah hujan. Curah hujan memang dapat meningkatkan sumber air bersih, namun jika terlalu tinggi kemungkinan air hujan akan langsung kembali ke laut, tanpa sempat tersimpan.

Baca Juga: Perubahan Iklim Ekstrem akan Terjadi di Kota Besar Dunia pada 2050

2. Dampaknya pada kesehatan manusia

Wajib Tahu! Ini Pengaruh Perubahan Iklim pada Kehidupan Sehari-hariIDN Times/Fariz Fardianto

Akibat musim kemarau berkepanjangan, gelombang panas meningkatkan suhu udara secara ekstrem dan hujan lebat.

Salah satu dampaknya adalah pada kesehatan manusia. Musim kemarau berkepanjangan adalah kondisi yang baik bagi perkembangan bakteri, virus, jamur dan parasit.

Keadaan ini menimbulkan kondisi penyakit yang berhubungan dengan bakteri di udara, contohnya adalah penyakit kulit, alergi hingga infeksi pernapasan.

3. Mengakibatkan banjir

Wajib Tahu! Ini Pengaruh Perubahan Iklim pada Kehidupan Sehari-hariDok. BNPB

Perubahan cuaca secara ekstrem dapat mengakibatkan bencana. Salah satunya adalah banjir besar, hal tersebut dapat berakibat pada lumpuhnya aktivitas masyarakat serta munculnya banyak penyakit.

Baca Juga: Ini 7 Tempat di Dunia yang Paling Merasakan Dampak Perubahan Iklim 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya