Waktu Tempuh TransJakarta 35 Menit, Penumpang Meningkat 4,8 Persen

Jumlah penumpang meningkat pada Juni 2023

Jakarta, IDN Times - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengalami peningkatan jumlah pelanggan pada Juni 2023.

Direktur Operasional dan Keselamatan TransJakarta, Daud Joseph, mengatakan, hal ini merupakan efek adanya inovasi korporasi, yakni program 35 menit pada tiga rute, yakni Ragunan – Kuningan Timur, Pluit - Kota, dan Grogol - Semanggi.

"Ketepatan waktu perjalanan berhasil memindahkan orang yang biasa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat ke moda transportasi umum, TransJakarta," katanya di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga: Bus TransJakarta Bakal Beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta

1. Pola target waktu tempuh 35 menit

Waktu Tempuh TransJakarta 35 Menit, Penumpang Meningkat 4,8 PersenIlustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Arief Rahmat)

TransJakarta diketahui melayani 958.756 pelanggan pada 6 Juni 2023. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 4,8 persen dibandingkan pada 22 Mei 2023 lalu.

Dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, kata dia, semua potensi hambatan di sepanjang jalur yang memperpanjang waktu tempuh, dikelola dengan pola target waktu tempuh 35 menit.

Baca Juga: Halte Transjakarta dan Stasiun Kereta Manggarai Akhirnya Terhubung  

2. Didukung optimalisasi dengan revitalisasi halte yang terintegrasi

Waktu Tempuh TransJakarta 35 Menit, Penumpang Meningkat 4,8 PersenIlustrasi TransJakarta, JPO Senen (Dok. Humas PT TransJakarta)

Daud mengatakan, selain program 35 menit, kenaikan jumlah pelanggan TransJakarta juga didukung dengan upaya optimalisasi layanan lain, yakni revitalisasi halte yang terintegrasi dengan moda transportasi umum lain. 

Baca Juga: Cara Naik Transjakarta, MRT, dan KRL ke Wisata Ancol, Begini Rutenya!

3. DPRD DKI minta TransJakarta tambah jam operasional

Waktu Tempuh TransJakarta 35 Menit, Penumpang Meningkat 4,8 PersenIlustrasi bus Transjakarta. (Dok. Humas Transjakarta)

Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta meminta penambahan jam operasional PT TransJakarta pada malam hari. Hal ini dikhususkan jika ada kegiatan besar di pusat kota hingga larut malam, salah satunya seperti konser.

"Banyak aduan anak-anak kita yang pulang nonton konser malam. Untuk TransJakarta, bisa gak jam operasional sampai 23.00 atau sampai 24.00 WIB," kata Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta, Wa Ode Herlina, saat rapat kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta dengan PT TransJakarta dilansir dari ANTARA, Rabu.

Wa Ode mengatakan, banyak penumpang yang kesulitan pulang saat malam lantaran jam operasional bus TransJakarta yang terbatas.

Baca Juga: DKI Antisipasi Lato-Lato, PMK dan Antraks pada Ternak Jelang Idul Adha

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya