Waspada! Ada Penyusup saat Bagi-bagi Bantuan, Bukan Korban Kebakaran

Demi mendapatkan bantuan, mereka pura-pura jadi korban

Jakarta, IDN Times - Lurah Rawa Badak Selatan Suhaena mengimbau warganya agar selalu berhati-hati dan mewaspadai adanya penyusup di lokasi pengungsian pascakebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Penyusup yang dia maksud adalah orang yang berpura-pura menjadi korban kebakaran untuk dapat bantuan.

"Iya, jadi warga diimbau supaya mengenal warganya ya. Seperti yang terjadi pengungsian juga, itu juga banyak juga ternyata, ada yang penghuni di luar dari korban. Jadi menyusup, ketika bagi-bagi bantuan, itu dia masuk," kata dia kepada wartawan di pemukiman warga sekitar TKP Depo Pertamina Plumpang, Minggu (5/3/2023).

Dia meminta agar seluruh warga bisa waspada dengan melihat tetangga kiri dan kanannya, agar tidak tiba-tiba ada orang baru yang datang

"Jadi saya mengimbau kepada seluruh warga saya. Kenalilah semua tentangga kanan-kirinya, semua teman-temannya yang ada di situ jangan sampai ada baru," katanya.

Menurutnya, penyusup yang ditemukan adalah warga kelurahan lain. "Yang mengenal itu PPSU (petugas penanganan prasarana dan sarana umum) saya, ‘oh ini kok ada dua orang, ini kan bukan warga saya’ seperti itu," kata dia.

Dia pun meminta para petugas kelurahan untuk melakukan pendataan dengan benar dengan dibantu dengan informasi warga yang diminta mengenali tetangganya masing-masing.

Baca Juga: 421 Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Masih Mengungsi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya