Heboh Tampang Boyolali: Ini Deretan Orang Top Asal Boyolali

Banyak orang sukses yang berasal dari Boyolali loh

Jakarta, IDN Times - Candaan "Tampang Boyolali" yang dilontarkan Prabowo Subianto menuai kontroversi. Candaan tersebut disampaikan Prabowo saat meresmikan Posko Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (30/10). 

Candaannya tersebut ternyata berbuntut panjang. Sebab tak semua orang Boyolali menyukainya. Bahkan ada yang menganggap candaan tersebut merendahkan orang Boyolali. Dakun (47) warga Boyolali, misalnya, melaporkan Prabowo ke Polisi atas candaannya itu. 

Boyolali sendiri banyak melahirkan tokoh-tokoh top negeri ini. Siapa saja mereka?

1. Jenderal TNI Mulyono

Heboh Tampang Boyolali: Ini Deretan Orang Top Asal BoyolaliJenderal TNI Mulyono (kiri) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono ternyata adalah putra kelahiran Boyolali. Pria kelahiran Boyolali 1961 ini merupakan kelulusan Akademi Militer tahun 1983. Kini Jenderal TNI Mulyono mengemban jabatan sebagai Pangkostrad. Pada 2009 Jenderal TNI Mulyono pernah diberi kepercayaan untuk menjadi Komandan Resimen Taruna Akademi Militer Magelang.

Baca Juga: Sandiaga Jelaskan Maksud Ucapan Prabowo Soal Tampang Boyolali

2. Sutopo Purwo Nugroho

Heboh Tampang Boyolali: Ini Deretan Orang Top Asal BoyolaliIDN Times / Helmi Shemi

Sutopo Purwo Nugroho adalah Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB. Paskagempa dan tsunami Palu keberadaan Sutopo lebih banyak muncul di media massa Indonesia. Siapa sangka ternyata ia merupakan pria kelahiran Boyolali. Sutopo merupakan almamater  sarjana dari Universitas Gadjah Mada dengan gelar S1 Geografi. Selanjutnya ia memperoleh gelar S2 dan S3 bidang hidrologi di Institut Pertanian Bogor. 

3. Prof. Dr. Suharso

Heboh Tampang Boyolali: Ini Deretan Orang Top Asal Boyolalicatawiki.com

Prof. Dr. Suharso adalah pendiri dari Pusat Rehabilitasi Profesor Dokter Suharso yang memberi tempat perawatan bagi penderita cacat jasmani. Prof. Dr. Suharso juga merupakan dokter ahli bedah dan pahlawan nasional Indonesia asal Boyolali.

Prestasinya di berbagai bidang terbilang banyak, tercatat ada 12 penghargaan yang telah diterima dirinya sejak tahun 1954 hingga 1974, mulai dari World Rehabilitation Prize oleh World Veteran Federation pada 1954, Warga Kehormatan daerah Provinsi Jawa Tengah pada 1969 dan gelar pahlawan Nasional pada 1974. 

4. Yoyok Hery Wahyono

Heboh Tampang Boyolali: Ini Deretan Orang Top Asal Boyolaliwaroengss.com

Yoyok Hery Wahyomo adalah pemilik dari Waroeng Spesial Sambal yang kini telah memiliki 81 outlet di 36 kota diseluruh Indonesia. Ternyata Yoyok merupakan pengusaha kelahiran Boyolali. Dari usaha kuliner Warung Spesial Sambal yang ia dirikan, kini dirinya mampu mempekerjakan 3,600 pegawai. 

5. Afiat Yuris Wirawan

Heboh Tampang Boyolali: Ini Deretan Orang Top Asal BoyolaliAfiat Yuris Wirawan (kanan) Instagram.com/prasetyodwi05

Afiat Yuris Wirawan merupakan pemain bulu tangkis asal Boyolali. Afiat Yuris adalah pemain Ganda Putra yang berpasangan dengan Yohanes Rendy Sugiarto. Afiat sedikit banyak menyumbang prestasi untuk bulu tangkis Indonesia. Pada 2014  ia merebut gelar juara ganda putra Walikota Surabaya Cup bersama degan Yohanes Rendy Sugiarto. Lalu pada 2006 ia berhasil menjadi juara di  XXI Brazil International Coris Corporate bersama Crisnanta Danny Bawa.

Baca Juga: Tim Prabowo Boikot Metro TV, Djoko Santoso: Itu Wewenang Saya

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya