Hore! Prajurit TNI Peraih Medali Asian Games Naik Pangkat

Panglima TNI telah memastikan percepatan kenaikan pangkat

Jakarta, IDN Times - Perhelatan Asian Games 2018 telah berakhir, namun euforianya masih terasa sampai saat ini. Berbagai apresiasi terus mengalir kepada para atlet yang telah berhasil mengharumkan nama bangsa lewat sumbangan medali di pesta olahraga terbesar di Asia itu. 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga tak ketinggalan memberikan apresiasi berupa pemberian kenaikan pangkat percepatan bagi para prajurit yang meraih medali di Asian Games 2018. Bagi peraih medali emas, kenaikan pangkat akan segera dilakukan bulan depan.

Siapa saja prajurit TNI yang berhak mendapat kenaikan pangkat percepatan?

1. Menjadi pacuan untuk prajurit lain

Hore! Prajurit TNI Peraih Medali Asian Games Naik PangkatInstagram/@puspentni

Saat ditemui awak media di Istana Kepresidenan Bogor, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berharap agar apresiasi ini dapat memacu prajurit lain untuk dapat berprestasi. Rencananya, pemberian kenaikan pangkat percepatan ini akan diberikan pada para atlet yang berhasil menyumbang medali bagi Indonesia. Setidaknya ada delapan medali yang didapatkan oleh para prajurit TNI dalam ajang Asian Games 2018.
 

“Mereka kami berikan kenaikan pangkat percepatan kepada yang mendapatkan emas, perak, dan perunggu, beda dengan rekan-rekan lainnya yang tidak ikut kegiatan Asian Games,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, seperti dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Jumat (7/9).

2. Apa itu kenaikan pangkat percepatan?

Hore! Prajurit TNI Peraih Medali Asian Games Naik Pangkat(Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bentuk apresiasi yang diberikan kepada para Prajurit Tentara Nasional Indonesia di ajang Asian Games XVII 2018 adalah berupa kenaikan pangkat percepatan. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa kenaikan pangkat percepatan adalah mempercepat kenaikan pangkat. 

TNI menganut kenaikan pangkat sebanyak dua kali tiap tahunnya yakni pada Oktober dan April, karena saat ini mendekati Oktober mereka yang berprestasi tersebut akan dinaikkan pangkatnya segera.

“Mungkin kalau menurut perhitungan dia akan naik pangkat 2 tahun lagi, tapi kita percepat besok Oktober kita naikkan pangkatnya. Bagi yang emas ya,” kata dia.

Lalu, untuk para prajurit yang mendapatkan medali perak, mereka akan dinaikkan pada April 2019. Kemudian bagi mereka yang menyumbang perunggu akan dinaikkan pada Oktober 2019.

Baca Juga: Peraih Medali Asian Games Bisa Jadi Anggota TNI dan Polri, Loh!

3. Inilah para Prajurit TNI yang turut berjuang di Asian Games 2018

Hore! Prajurit TNI Peraih Medali Asian Games Naik PangkatINSTAGRAM/tni_angkatan_darat

Dengan hebat para prajurit TNI ini berhasil mengharumkan nama Indonesia di Asian Games 2018. Salah satunya adalah Serda Rifki Ardiansyah yang berlaga di cabang olahraga Karate, Serda Rifki merupakan TNI Angkatan Darat berpangkat Sersan Dua.

Ia berhasil memboyong medali emas setelah mengalahkan Amir Mahdi Zadeh, atlet karate asal Iran. 

Selanjutnya adalah Pratu Mar. Jefri Ardianto yang merupakan salah satu atlet cabor dayung (rowing) dan berhasil menyumbang medali emas bersama 8 anggota timnya. Tim Dayung Indonesia ini berhasil unggul dari tim Uzbekistan dan Hongkong. 

Lalu dari cabang olahraga Dayung ada Serda Andi Agus Mulyana yang berhasil meraih medali perak untuk dayung 1.000 meter dan mendali perunggu dayung 500 meter. Sedangkan dari prajurit perempuan, ada Serda Huswatun Hasanah  yang meraih perunggu dalam cabang olahraga tinju putri kelas 60 kg.

Semoga para pahlawan Asian Games ini dapat menjadi representatif bagi anggota TNI lainnya agar terus berprestasi ya!

Baca Juga: Diarak TNI, Rifki Dijanjikan Bonus Rumah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya