Ini Deretan Pesawat yang Lenyap Ditelan Laut Jawa

Laut Jawa telah berusia 12 ribu tahun

Jakarta, IDN Times - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin pagi (29/10). Pesawat yang mengangkut 189 penumpang ini bertolak dari Bandara Soekarno Hatta pukul 06.20 WIB sebelum hilang kontak sekitar 10 menit kemudian.

BASARNAS menyebutkan lokasi jatuhnya pesawat di Perairan Tanjung Karawang. Perairan ini masih termasuk wilayah Laut Jawa. Uniknya ini bukan pertama kalinya kecelakaan transportasi terjadi di laut yang berada di utara Pulau Jawa ini.

1. Laut Jawa memiliki luas 310 ribu km

Ini Deretan Pesawat yang Lenyap Ditelan Laut Jawaflightradar24.com

Laut Jawa merupakan perairan seluas 310 ribu kilometer persegi. Laut ini terbentuk ketika zaman es berakhir. Usia laut ini terbilang masih relatif muda, yakni sekitar 12 ribu tahun sebelum Masehi.

Laut Jawa terhubung dengan Samudera India melalui Selat Sunda berada di bagian sisi barat Samudera Pasifik yang berbatasan dengan Pulau Kalimantan di bagian utara, lalu Pulau Jawa di Selatan serta Pulau Sumatera di bagian Barat.

Baca Juga: Daftar 10 Pegawai BPK yang Jadi Penumpang Lion Air JT 610

2. Deretan kecelakaan yang pernah terjadi di Laut Jawa

Ini Deretan Pesawat yang Lenyap Ditelan Laut JawaDok. IDN Times/Istimewa

Pada 1981 Kapal Tampomas II terbakar sebelum tenggelam di Laut Jawa. Kejadian mengerikan lainnya di laut ini terjadi pada Desember 2006, yakni ketika kapal feri tenggelam dan menewaskan 400 orang. 

Setahun kemudian Pesawat Adam Air Surabaya-Manado hilang saat membawa 102 penumpang. Pada 2009, kapal feri juga kembali terbakar di perairan ini. Untungnya  350 penumpang dan kru diselamatkan oleh kapal kargo.

Baca Juga: Kapal Satya Kencana Berpenumpang 250 Orang Terbakar di Laut Jawa

3. Air Asia pun pernah tenggelam di Laut Jawa

Ini Deretan Pesawat yang Lenyap Ditelan Laut Jawaairasia.com

AirAsia QZ8501 juga pernah tengelam di Laut Jawa, tepatnya di dekat Selat Karimata. Pesawat ini terbang dari Surabaya menuju Singapura pada 28 Desember 2014 dan puingnya baru dapat di temukan pada 30 Desember 2014.  Dalam kecelakaan ini tercatat 162 korban tewas, yang terdiri dari 7 awak pesawat dan 155 penumoang.

Baca Juga: Begini Kronologi 10 Detik Terakhir Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya