Ini Dia, Jenderal-Jenderal yang Mendukung Jokowi di Pilpres 2019

Deretan Jenderal militer Indonesia yang mendukung Jokowi

Jakarta, IDN Times - Persaingan dua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, tampaknya akan berlangsung sengit. Baik kubu Jokowi maupun Prabowo, sama-sama memiliki pendukung dari latar belakang militer.

Bukan hal yang tak mungkin, para jenderal yang memberi dukungan pada mereka akan menjadi kekuatan suara bagi masing-masing kubu. 

Berikut adalah nama-nama mantan jenderal yang mendukung Jokowi-Ma'ruf menuju Pilpres 2019.

1. Luhut Binsar Panjaitan

Ini Dia, Jenderal-Jenderal yang Mendukung Jokowi di Pilpres 2019Dok. IDN Times/Forum Merdeka Barat 9

Dukungan Jokowi datang dari lulusan terbaik Akademi Militer Nasional angkatan 1970, yakni Luhut Binsar Panjaitan. Luhut pernah menjabat posisi sebagai kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia periode 2014 hingga 2015. 

Selain itu dalam kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Luhut pernah ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno, dan pada Juli 2016 Luhut diangkat menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli.

2. Lodewijk F Paulus

Ini Dia, Jenderal-Jenderal yang Mendukung Jokowi di Pilpres 2019partaigolkar.or.id

Jenderal lain yang masuk barisan Jokowi adalah Lodewijk F Paulus yang merupakan Mantan Danjen Kopassus Letjen TNI (Purn). Lodewijk masuk dalam Wakil Tim Kampaye Jokowi-Ma'ruf. 

Lodewijk F Paulus merupakan Sekjen Partai Golkar yang merupakan salah satu partai pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin.

3. Moeldoko

Ini Dia, Jenderal-Jenderal yang Mendukung Jokowi di Pilpres 2019IDN Times/Helmi Shemi

Mantan Panglima TNI Moeldoko juga masuk dalam barisan Jokowi. Moeldoko merupakan Kepala Staf Kepresidenan Indonesia yang telah menjabat sejak Januari 2018.

Ia juga menjabat posisi sebagai Wakil Ketua Tim Nasional Kampanye pasangan Jokowi-Ma'ruf. Moeldoko pernah menjabat sebagai Panglima TNI sejak 2013 hingga 2015 dan pernah menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada 2013.

4. Hinsa Siburian dan puluhan purnawirawan Jenderal TNI

Ini Dia, Jenderal-Jenderal yang Mendukung Jokowi di Pilpres 2019ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Selain itu  Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian juga memberi dukungannya kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf. Dukungan ini ia berikan bersama dengan puluhan Purnawirawan Jenderal TNI yang tergabung dalam Cakra 19 yang artinya berdasarkan kata Sansekerta yakni pusat energi, roda atau lingkaran. 

Di dalamnya ada Hinsa dan Lodewijk ada juga 12 mantan Jenderal juga masuk dalam kesatuan Cakra 19 yakni Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi, eks Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP), Mantan Kapuspen TNI laksda TNI (Purn) lskandar Sitompoel. Mantan Pangdam l/ Bukit Barisan Wisnton Pardamean Simanjuntak, Mantan Deputi I bidang Hukum Politik Dalam Negeri Kemenkumham Mayjen TNI (Purn) Yudi Harianto dan lain-lain. 

Baca Juga: BREAKING: Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019

5. KSAL Laksamana (Purn) Marsetio

Ini Dia, Jenderal-Jenderal yang Mendukung Jokowi di Pilpres 2019ANTARA FOTO/Dok. Dinas Penerangan TNI AL

Terakhir, ada KSAL Laksamana (Purn) Marsetio yang juga memberikan dukungan kepada Jokowi. Marsetio menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut dari 2012-2014. 

Lulusan terbaik ALL Bumimoro, Surabaya ini masuk dalam tim pemenangan Jokowi dan dipercaya sebagai Dewan Pengarah tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf. 

Ikuti terus berita-berita seputar Pemilu 2019 di Millennials Memilih IDN Times. #MillennialsMemilih.

Baca Juga: Ternyata Ini yang Membuat Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma’ruf

Topic:

  • Rochmanudin
  • Dwifantya Aquina

Just For You