Comscore Tracker

Kasus Rohingya Membuat Deretan Gelar Aung San Suu Kyi Ini Dicabut

Oxford bahkan menurunkan fotonya

Jakarta, IDN Times – Aung San Suu kyi dikenal sebagai pejuang demokrasi serta hak asasi manusia. Banyak penghargaan dan prestasi yang ia torehkan. Namun pembantaian terhadap etnis Rohingya oleh militer Myanmar mencoreng namanya. 

Sikap Suu Kyi yang seolah menutup mata terhadap tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar ini membuat dunia kecewa. Satu demi satu penghargaan yang pernah diterima Suu Kyi pun ditarik kembali. 

Terakhir, Amnesty Internasional mencabut penghargaan hak asasi manusia (HAM) tertinggi Ambassador of Conscience  yang pernah diterima Suu Kyi. Apa saja penghargaan yang dicabut dari Suu Kyi? Berikut di antaranya..

1. Bukan lagi duta hati nurani

Kasus Rohingya Membuat Deretan Gelar Aung San Suu Kyi Ini DicabutANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Baru-baru ini Amnesti Internasional mencabut gelar duta hati nurani yang didapatkan oleh Suu Kyi. Dilansir dari kantor berita Antara, Sekretaris Jenderal Amnesty Internasional Kuni Naidoo mengirim surat kepada Suu Kyi pada 11 November. 

Surat tersebut berisi pencabutan gelar terhadap Suu Kyi. Kuni Naidoo mengatakan pencabutan gelar ini karena Suu Kyi tak melakukan apapun untuk membela etnis Rohingya yang ditindas militer Myanmar.

Baca Juga: Amnesty International Cabut Penghargaan HAM Aung San Suu Kyi

2. Kampus Oxford Suu Kyi cabut lukisannya

Kasus Rohingya Membuat Deretan Gelar Aung San Suu Kyi Ini Dicabutburmalink.org

Suu Kyi juga pernah mendapatkan penghargaan Freedom of the City of Oxford. Penghargaan itu diberikan pada tahun 1997. Penghargaan itu kemudian dicabut pada November 2017.  Oxford menilai Suu Kyi tak lagi berhak atas penghargaan tersebut menyusul sikap diamnya terhadap kekerasan oleh militer Myanmar terhadap etnis Rohingya.

Lukisan besarnya di Hugh College, Oxford, turut dicabut. Padahal Suu Kyi adalah alumni dari kampus tersebut dan mendapat gelar B.A bidang Filosofi, Politik, Ekonomi dari kampus itu.

3. Musisi Bob Geldof malu namanya bersanding dengan Suu Kyi

Kasus Rohingya Membuat Deretan Gelar Aung San Suu Kyi Ini DicabutInstagram.com/vasco_szinetar

Musisi dan aktivis antikemiskinan Bob Geldof pernah medapatkan penghargaan “Freedom of the City of Dublin” bersama Aung San Syu Kyi. Namun pada 13 November 2013 dirinya mengembalikan penghargaan tersebut karena tidak ingin namanya bersanding dengan Syu Kyi.

4. Disamakan dengan Nelson Mandela, Penghargaan dari Ingris ini juga dicabut

Kasus Rohingya Membuat Deretan Gelar Aung San Suu Kyi Ini DicabutInstagram.com/ __nitch

Ketika menjadi tahanan rumah selama 15 tahun, Suu Kyi pernah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Edinburgh, Skotlandia, Inggris. Penghargaan yang ia terima yaitu Freedom of Edinburgh Award, ia disamakan dengan Nelson Mandela karena turut memperjuangkan perlawanan. Namun penghargaan tersebut dicabut pada Agustus 2018

5. Tokoh pertama yang terima penghargaan kebencian, genosida dan HAM

Kasus Rohingya Membuat Deretan Gelar Aung San Suu Kyi Ini DicabutHuman Rights Watch

Museum Memorial Holocaust memberikan penghargaan kepada Suu Kyi sebagai tokoh yang melawan kebencian, genosida, dan hak asasi manusia pada 2012. Suu Kyi menjadi tokoh pertama yang menerima penghargaan ini, namun ia juga menjadi tokoh pertama yang kehilangan penghargaan ini. Penghargaan Elie Weisel Award dicabut dari dirinya pada maret 2018 lagi-lagi karena sikap cueknya terhadap kaum Rohingya.

Baca Juga: Amnesty International Cabut Penghargaan San Suu Kyi, Ini Alasannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya