Kegiatan Sekolah di Lombok Belum Berjalan Normal Pasca-Gempa

Anak-anak di Lombok trauma akibat gempa

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi yang melanda beberapa kali di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) berdampak pada kerusakan bangunan hingga menelan ratusan korban jiwa. 

Sektor pendidikan pun terdampak, hingga proses kegiatan belajar mengajar di wilayah Mataram dan sekitaranya belum berjalan normal. Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram Sudenom mengatakan sekolah-sekolah di Mataram belum sepenuhnya pulih.

1. Proses belajar-mengajar belum sepenuhnya aktif

Kegiatan Sekolah di Lombok Belum Berjalan Normal Pasca-GempaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sudenom mengatakan sekolah-sekolah di Mataram, khususnya Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Mengah Pertama (SMP) belum sepenuhnya aktif. Memang ada beberapa sekolah yang telah melakukan kegiatan belajar mengajar, namun jumlah muridnya masih relatif sedikit. Tingkat kehadiran mereka juga masih di bawah 50 persen.

Baca Juga: Gempa Lombok, Pemerintah Gelontorkan Dana Bansos Rp1,25 Triliun

2. Tidak bisa paksa siswa masuk sekolah

Kegiatan Sekolah di Lombok Belum Berjalan Normal Pasca-GempaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Gempa di Lombok memang menyisakan trauma bagi warga, termasuk murid-murid sekolah di Mataram. Karena hal itu, Sudenom mengatakan, dinas tidak bisa memaksa siswa, bahkan guru di daerah yang terdampak gempa, untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Dia menyebutkan sekolah membutuhkan pemulihan.

"Sampai sekarang masih banyak orangtua yang membawa anaknya mengungsi, termasuk para guru, dan itu bisa dimaklumi," kata dia, seperti dilansir kantor berita Antara, Senin (27/8).

3. Semoga masyarakat di Lombok segera bisa beraktivitas

Kegiatan Sekolah di Lombok Belum Berjalan Normal Pasca-GempaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sudenom berharap paska gempa, para siswa sudah bisa kembali ke sekolah pada hari Rabu (29/8).

"Tetapi, apabila sampai besok kondisi sudah lebih aman dan baik, diharapkan siswa bisa kembali ke sekolah pada Rabu (29/8), dengan tetap melaksanakan kegiatan pemulihan trauma," kata dia.

Sudenom menyebutkan saat ini pengelola sekolah sudah menjalankan instruski kepada daerah, dengan memperbaiki fasilitas belajar yang rusak karena gempa.

Semoga adik-adik dan saudara kita semua di Lombok dapat segera kembali belajar dengan nyaman ya guys.

Baca Juga: Sandiaga Pilih Mundur Daripada Cuti Jadi Wagub DKI, Apa Alasannya?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya