Kubu Jokowi-Ma'ruf Gembleng Calon Jubir dan Direktur

Ada 103 jubir dan 11 direktur pemenangan Jokowi-Ma'ruf

Jakarta, IDN Times - Kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko 'Jokowi' Widodo dan Ma'ruf Amin terus mematangkan persiapan, pasca-pendaftaran pasangan capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan, koalisi partai pendukung Jokowi-Ma'ruf akan melanjutkan serangkaian persiapan pada juru bicara (jubir) kampanye.

Apa saja kelanjutan persiapannya?

1. Melanjutkan workshop juru bicara kampanye

Kubu Jokowi-Ma'ruf Gembleng Calon Jubir dan DirekturIDN Times/Irfan Fathurochman

Lodewijk mengatakan setelah partai koalisi Jokowi-Ma'ruf melakukan pemilihan pada 103 jubir dari masing-masing partai koalisi, akan digelar diskusi materi terkait spesialisasi masing-masing jubir.

Tujuan adanya spesialisasi, kata Lodewijk, agar para jubir lebih mengetahui bagaimana kompetesinya. Hal ini juga mengisyaratkan diperlukannya keseimbangan masing-masing jubir sesuai kemampuannya.

"Kita baru akan lihat kompetesinya bagaimana, penguasaan materinya di bidanya apa, mungkin nanti kita lihat. Orang hukum kok terlalu banyak, nanti kita kurangi, orang ekonomi terlalu banyak, kita kurangi. Jadi keseimbangan dari background oleh terkait apa yang kita butuhkan," kata dia. 

Baca Juga: Panggil Mahfud ke Istana, Jokowi Curhat Tak Bisa Menolak Ma'ruf

2. Mengadakan pelatihan lanjutan

Kubu Jokowi-Ma'ruf Gembleng Calon Jubir dan DirekturANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Lodewijk mengatakan bukan hanya pemberian materi, para jubir juga akan menjalani pelatihan lanjutan, demi melatih emosi dan pemahaman mereka pada tugas sebagai jubir nasional.

Latihan ini, lanjut dia, juga untuk mengetahui bagaimana para jubir mengaplikasikan dan memahami materi yang telah dipelajari sebelumnya. Rencananya pelatihan tersebut akan dilakukan di kantor Partai Nasdem.

3. Pengarahan pada 11 direktur pemenangan Jokowi-Ma'ruf

Kubu Jokowi-Ma'ruf Gembleng Calon Jubir dan DirekturIDN Times/Indiana Malia

Selain itu, Lodewijk menambahkan, 11 direktur dari tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf juga akan diberikan pengarahan dan petunjuk, apa saja yang perlu mereka siapkan, jika nantinya Jokowi menunjuk ketua tim kampanye nasional. Dengan adanya pengarahan tersebut diharapkan mereka tahu tugas-tugas yang mereka lakukan.

Ke-11 direktorat terdiri dari Direktorat Perencanaan, Direktorat Konten dan Visi Misi, Direktorat Komunikasi Politik, Direktorat Media dan Sosial Media, Direktorat Kampanye, Direktorat Pemilih Muda, Direktorat Penggalangan dan Penjaringan, Direktorat Logistik dan Alat Peraga Kampanye (APK), Direktorat Hukum dan Advokasi, Direktorat Saksi, dan Direktorat Relawan.

Banyak juga jubirnya ya guys?

Baca Juga: Gara-gara Demokrat Jatim Dukung Jokowi, Soekarwo Dipanggil SBY

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya