Comscore Tracker

Mensos: Pendekatan Kesejahteraan Sosial Penting Bagi Papua

Pendekatan sosial penting dibandingkan pendekatan lain

Jakarta, IDN Times - Kasus pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Barat, berbuntut panjang. Menanggapi kejadian ini, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pendekatan kesejahteraan sosial adalah hal penting untuk menyelesaikan masalah di Papua.

Agus mengatakan bahwa masyarakat Papua adalah saudara sebangsa. Mereka juga harus dilayani dengan baik, mereka harus dianggap sebagai subjek bukan hanya sekadar sebagai objek.

Baca Juga: Jokowi Akan Kunjungi Papua Bulan Depan

1. Masyarakat Papua harus dilayani dengan baik

Mensos: Pendekatan Kesejahteraan Sosial Penting Bagi PapuaIDN Times/Galih Persiana

Agus memandang bahwa pendekatan sosial adalah pendekatan yang paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan di Papua.

"Menurut pandangan saya pendekatan kesejahteraan sosial sangat penting, dibandingkan pendekatan-pendekatan lain," ujar Agus seperti dilansir kantor berita Antara, Rabu (21/8).

Agus mengatakan masyarakat Papua adalah saudara sebangsa. Mereka juga harus dilayani dengan baik, mereka harus dianggap sebagai subjek bukan hanya sekadar sebagai objek.

2. Kementerian Sosial akan turunkan tim untuk kirim bantuan

Mensos: Pendekatan Kesejahteraan Sosial Penting Bagi PapuaIDN Times/Humas Kemensos

Agus mengatakan Kementerian Sosial telah menurunkan tim dari Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial, guna mengumpulkan informasi mengenai apa saja bantuan yang diperlukan pasca-kericuhan di Papua dan Papua Barat.

3. Pastikan pemerintah hadir memberikan rehabilitasi

Mensos: Pendekatan Kesejahteraan Sosial Penting Bagi PapuaDok. IDN Times/Istimewa

Menteri Sosial memastikan peran serta pemerintah dapat hadir, guna memberikan rehabilitasi kepada mereka yang menjadi korban kerusuhan Papua dan Papua Barat.

Kehadiran pemerintah dalam penanganan konflik ini bisa berupa bantuan maupun stimulan bagi para korban terdampak, baik korban yang tempat usahanya dirusak hingga mereka yang terluka.

Baca Juga: SETARA Institute Dorong Jokowi Bentuk Utusan Khusus ke Papua

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Rochmanudin

Just For You