Comscore Tracker

#MillennialsMemilih, Platform Edukatif Cegah Millennials Golput

Bertanya info pemilu atau politik, kamu bisa dapat uang!

Jakarta, IDN Times - IDN Times telah meluncurkan platform terbaru bernama #MillennialsMemilih pada Rabu (31/10) lalu. Kanal inovatif untuk #VoterEducation ini menampung berbagai pertanyaan seputar pemilu atau politik dari pemilih pemula. Kamu bisa dapat informasi tentang Pilkada, Pileg, hingga Pilpres di kanal ini, bahkan isu-isu politik yang sedang hot

Kali ini, mahasiswa Universitas Katolik Atma Jaya berkesempatan mengunjungi kantor redaksi IDN Times di Jakata hari ini, Rabu (7/11). IDN Times pun memperkenalkan platform baru ini kepada kepada mereka dengan gaya millennials, tentunya, diskusi ala millennials.

Meski diskusi bertema politik yang relatif serius, namun diramu menjadi rileks dan cair, serta selingan kuis yang unik dari host kece IDN Times: Whisnu dan Irham. Celetukan-celetukan-celetukan keduanya mengocok perut nyaris selama tamu-tamu mahasiswa ini berada di IDN Times. 

Nah, buat kamu yang penasaran dengan aksi banyolan-banyolan Irham dan Wisnu, gak usah kecewa. Karena #MillennialsMemilih bakal hadir live Instagram setiap hari Rabu, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar pemilu yang sudah kamu kirimkan di platform ini.

Baca Juga: #MillennialsMemilih Diluncurkan, Kubu Jokowi dan Prabowo Suarakan Anti Hoaks

1. #MillennialsMemilih, kanal inovatif untuk #VoterEducation dari IDN Times

#MillennialsMemilih, Platform Edukatif Cegah Millennials GolputIDN Times/Restu Putri

#Millennialsmemilih adalah platform baru dari IDN Times dan satu-satunya di Indonesia, untuk membantu kaum millennials memberikan informasi seputar pemilu atau isu-isu politik.

Selain memberikan berbagai informasi tentang pemilu dan isu-isu politik di Tanah Air, #MillennialsMemilih dibangun untuk mengedukasi pemilih pemula, khususnya kaum millennials.

#MillennialsMemilih tentu lebih istimewa atau berbeda dari kanal lainnya. Kenapa? Pertama, kanal ini bersifat dua arah. Pembaca tak hanya menerima informasi tentang pemilu atau politik, mereka juga bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar dua hal itu. 

Misalnya, kamu ingin menanyakan tentang visi misi dan program pasangan capres, keunikan pasangan capres, hingga menanyakan hal-hal unik lainnya seputar politik. Atau juga kamu ingin tahu soal syarat memilih dan mekanisme mencoblos pada saat pemilu. Semua dapat diajukan di #MillennialsMemilih, tentunya tidak mengandung unsur SARA.

Keistimewaan kedua, bagi pembaca yang mengajukan pertanyaan di #MillennialsMemilih bisa mendapatkan hadiah menarik, loh. Karena setiap pekan bakal ada pemenang bagi kamu yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan dengan vote tertinggi. Hadiahnya berupa uang tunai!

Kamu bisa mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya soal pemilu atau isu politik lainnya. Pertanyaan-pertanyaan yang dijawab editor akan dengan mendapatkan poin dan poin tertinggi akan diadu dengan pertanyaan lain. Peluang mendapatkan hadiah akan lebih besar, jika kamu mendapatkan vote tertinggi dari pembaca atau user IDN Times. 

Sedikit tips supaya kamu mendapatkan poin tinggi, kamu sering-sering share ke teman kamu. Karena pertanyaan dengan vote tertinggi akan berpeluang besar mendapat jawaban dari editor.

Keistimewaan lain #MillennialsMemilih, kamu secara tidak langsung ikut berpartisipasi dan sekaligus mengajak orang lain meramaikan pesta demokrasi di Tanah Air agar tidak golput dan 'melek' politik. 

"Karena anak muda itu cenderung tidak memilih saat pemilu, karena dianggapnya politik tidak menarik dan mereka apatis," ujar Pemimpin Redaksi IDN Times Uni Lubis saat memperkenalkan IDN Media kepada puluhan mahasiswa itu.

2. Bagaimana cara bertanya di #MillennialsMemilih?

#MillennialsMemilih, Platform Edukatif Cegah Millennials GolputIDN Times/Lia Hutasoit

Buat kamu yang ingin mengajukan pertanyaan seputar pemilu atau politik, caranya mudah. Berikut panduan untuk mengajukan pertanyaan:

  1. Buka millennialsmemilih.idntimes.com atau klik tagar #MillennialsMemilih di halaman IDN Times.
  2. Klik kolom ajukan pertanyaan (kamu akan diarahkan ke laman login/signup jika belum terdaftar di IDN Times).
  3. Tulis pertanyaan dan vote. Share pertanyaanmu di media sosial agar teman kamu bisa ikutan vote.
  4. Mesin secara otomatis akan memilih pertanyaan dengan vote tertinggi untuk dijawab redaksi IDN Times.
  5. Jika terpilih, pertanyaan kamu akan dijawab lengkap dengan artikel pendukungnya. 
  6. Pertanyaan yang terpilih akan memeperoleh poin. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk memenangkan hadiah menarik setiap minggu.
#MillennialsMemilih, Platform Edukatif Cegah Millennials GolputIDN Times/R Cije Khalifatullah

3. Mengajak millennials untuk tidak golput dan apatis saat pemilu

#MillennialsMemilih, Platform Edukatif Cegah Millennials GolputIDN Times/Lia Hutasoit

Pada kesempatan ini, mahasiswa Unika Atma Jaya tak hanya diperkenalkan dengan platform #MillennialsMemilih, mereka juga diajak menjajal bagaimana cara bertanya isu-isu pemilu di platform inovatif ini.

Dengan melibatkan millennials pada dunia politik, kehadiran #MillennialsMemilih diharapkan bermanfaat untuk memecah apatisme tentang citra politik yang selama ini dianggap serius dan tidak menarik.

Jangan lupa ajukan pertanyaan serta cek dan update terus berita-berita seputar pemilu atau politik di #MillennialsMemilih di IDN Times, ya guys!

Baca Juga: IDN Times Luncurkan Fitur #MillennialsMemilih untuk Pemilu 2019

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You