PDIP Yakin Ma'ruf Amin Bisa Gandeng Rizieq Shihab ke Koalisi Jokowi

Ma'ruf Amin bertemu Rizieq Shihab di Mekkah?

Jakarta IDN Times - Setelah mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, kini pasangan carpes-cawapres mulai berlomba-lomba mencari dukungan. Begitu juga pasangan Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin, yang disebut-sebut akan menggandeng pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Koalisi Jokowi-Ma'ruf yakin Ma'ruf Amin mampu menggaet Rizieq Shihab, agar bergabung dengan koalisinya untuk Pilpres 2019. Usai pendaftaran capres-cawapres, Ma'ruf Amin langsung berangkat ibadah haji, karena itu

keberadaan mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu tidak menutup kemungkinan akan bertemu Rizieq, membicarakan koalisi di Tanah Suci.

1. Ma'ruf Amin diyakini dapat menggandeng Rizieq Shihab

PDIP Yakin Ma'ruf Amin Bisa Gandeng Rizieq Shihab ke Koalisi JokowiMa'ruf Amin (Kemenag.go.id/ fikri)

Jika selama ini Jokowi dianggap sulit melakukan komunikasi dengan kelompok-kelompok tertentu, Ma'ruf Amin diyakini dapat menjadi mediator yang baik. 

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pereira mengatakan Ma'ruf Amin dapat menjadi jembatan untuk mengajak bergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja. Sebab, Ma'ruf dinilai memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

"Pak Ma'ruf bisa adalah orang yang bisa menjembatani dari kelompok-kelompok yang selama ini sulit berbicara dengan Pak Jokowi," kata Andreas di Auditorium CSIS, Jakarta Pusat, seperti dilansir kantor berita Antara, Senin (20/8).

Baca Juga: Drama di Balik Pemilihan Ma'ruf Amin sebagai Cawapres Jokowi

2. Rizieq Shihab dukung Jokowi, kenapa tidak?

PDIP Yakin Ma'ruf Amin Bisa Gandeng Rizieq Shihab ke Koalisi JokowiIstimewa

Andreas juga mengatakan Ma'ruf Amin kemungkinan bertemu Rizieq di Mekkah, dan akan menjadi suatu proses mediasi yang baik. Akan ada kemungkinan Rizieq mendukung Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019. 

"Ya kalau bisa begitu, kenapa tidak?" ujar dia.

3. Ma'ruf Amin bertemu Rizieq Shihab di Mekkah?

PDIP Yakin Ma'ruf Amin Bisa Gandeng Rizieq Shihab ke Koalisi JokowiInstagram/@amienraisofficial

Keberangkatan Ma'ruf Amin di Mekkah memang meninggalkan tanya, akankah ada agenda yang disisipkan untuk menemui Rizieq Shihab yang hampir setahun tinggal di Tanah Suci?

Ma'ruf dengan singkat menyampaikan kalimat yang menyisakan rasa penasaran kepada publik, terkait kemungkinan mengadakan pertemuan politik dengan Imam Besar FPI itu.

"Kita lihat nanti," tutur Ma'ruf, seraya melanjutkan tawa usai acara Silahturahim Nahdlatul Ulama Sedunia ke-17 di Jarwal, Mekkah, Sabtu lalu (19/8).

Wah, kalau benar terjadi, Rizieq Shihab kemungkinan bakal pulang ke Tanah Air ya guys.

Baca Juga: Dari Mekkah, Ma'ruf Amin ajak NU Berdoa untuk Keselamatan Indonesia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya