Pulang Kampung, Sandiaga Bakal Jalani Prosesi Adat Tepuk Tepung Tawar

Sandiaga diserbu emak-emak

Jakarta, IDN Times - Wakil Cawapres 2019 Sandiaga Uno hari ini mudik ke kampung halamannya di Riau. Sandi yang merupakan putra kelahiran Rumbai-Riau itu mendarat di Pekanbaru pada pukul 08.00 WIB, dan mendapat sambutan meriah dari masyarakat setempat yang telah menunggu kedatangan dia.

1. Sandiaga diserbu emak-emak

Pulang Kampung, Sandiaga Bakal Jalani Prosesi Adat Tepuk Tepung TawarIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kedatangan Sandiaga di kampung halamannya pada Selasa (4/8) disambut segerombolan emak-emak yang tergabung dalan Persatuan Emak-Emak Prabowo-Sandi (Permak Bodi). Mereka menyambut kedatangan Sandiaga di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

Sandi langsung dihadang dan diajak berswafoto di bandara. Seperti terlihat di akun Instagramnya, Selasa (4/9), Sandiaga mengunggah foto kedatangannya di Pekanbaru dan menyertakan ucapan terima kasih kepada masyarakat Riau atas sambutannya.

"Selamat pagi warga Pekanbaru, Riau. Terima kasih atas sambutan hangatnya. Saya sudah tiba di bandara, dan sekarang menuju ke Pasar Cik Puan," tulis Sandi dalam akun Instagramnya, @sandiuno.

Baca Juga: Koalisi Prabowo-Sandiaga Tolak KPU Tetapkan DPT Final

2. Jalan-jalan ke pasar hingga memberi kuliah umum

Pulang Kampung, Sandiaga Bakal Jalani Prosesi Adat Tepuk Tepung TawarANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Agenda mantan Wakil Gubernur Jakarta ini di Pekanbaru diawali dengan kunjungannya ke pasar tradisional tertua di Riau yakni Cik Puan. Misi kunjungan itu untuk mengingatkan pentingnya ekonomi kerakyatan yang berfungsi sebagai penggerak ekonomi nasional.

Tak hanya berkunjung ke pasar, Sandi juga memberikan kuliah umum di Universitas Islam Riau dengan tema Membangun Jiwa Enterpreneurship Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0.

3. Sandiaga akan menjalani prosesi adat Tepuk Tepung Tawar

Pulang Kampung, Sandiaga Bakal Jalani Prosesi Adat Tepuk Tepung TawarANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dalam momen pulang kampung kali ini, Sandiaga akan menerima prosesi adat Tepuk Tepung Tawar yang diselenggarakan Lembaga Adat Melayu Riau.

Tepuk Tepung Tawar merupakan prosesi menyambut tamu, lalu mendoakan kebaikan sambil menabur ramuan. Dalam kegiatan ini, Ustaz Abdul Somad direncanakan akan memberikan doa dan nasihat pada akhir prosesi adat yang berlangsung di Balai Adat Melayu Riau.

Untuk menjalankan prosesi adat ini orang yang menabur ke tamu jumlahnya biasanya ganjil, dan diberikan oleh para datuk Lembaga Adat Melayu, termasuk juga gubernur.

Dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (4/9) Ustaz Somad atau yang dikenal UAS merupakan anggota Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau dan ditugaskan untuk mengambil bagian dalam prosesi adat yang dijalani Sandiaga.

"UAS sebagai anggota Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau ditugaskan untuk mengakhiri prosesi adat Tepuk Tepung Tawar, yakni memimpin doa yang disekaliguskan dengan memberikan nasihat," kata Ketua Majelis Kerapatan Adat LAM Riau, Datuk Al Azhar.

Seru juga ya menepuk pakai tepung guys.

Baca Juga: Ini Jubir yang Diajukan PAN untuk Pemenangan Prabowo-Sandiaga 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya