Tank Canggih Buatan Indonesia yang Mendunia

Indonesia berbangga punya tank canggih yang dilirik dunia

Jakarta, IDN Times - PT Pindad adalah salah satu perusahaan industri dan manufaktur pembuatan produk militer yang telah bersaing secara global. PT Pindad merupakan satu-satunya produsen alat utama sistem senjata (alutsista) di Indonesia. 

Perusahaan plat merah ini tidak hanya memproduksi senjata yang tak kalah bersaing di kancah dunia. PT Pindad juga memproduksi kendaraaan khusus militer lho.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah Tank Medium Kaplan MT buatan PT Pindad bekerjasama dengan industri pertahanan Turki (FNSS) yang telah dicanangkan prototipenya sejak 2017.

1. Tank Medium Kaplan MT, salah satu yang tercanggih di dunia

Tank Canggih Buatan Indonesia yang Menduniapindad.com

Kaplan MT merupakan tank dengan berat 30-40 ton dengan ukuran panjang bodi 7 meter dan lebar 3,2 meter. Tank Medium Kaplan MT ini bisa melaju dengan kecepatan 70 km per jam, kecepatan ini cocok untuk melakukan serangan kilat (blitzkrieg) pada musuh. 

Tank Kaplan MT juga dilengkapi dengan alat pengarah tembakan digital  Remote Control Weapon System (RCWS) yang merupakan teknologi pertama di dunia. 

Baca Juga: Ini Hasil Investigasi Misteri Hilangnya Pesawat MH370

2. Tank Kaplan MT kebal pada ledakan

Tank Canggih Buatan Indonesia yang Menduniapindad.com

Tank Kaplan MT juga kebal terhadap ledakan bahan sekuat TNT.  Dalam uji coba, tank ini masih utuh lho meski diledakkan menggunakan TNT. 

Tank ini memiliki  kemampuan bertahan balistik serta anti ancaman ranjau terkini. Tank Kaplan MT juga dilengkapi kemampuan daya tempur luas, mulai dari perlindungan jarak dekat untuk pasukan infantri sampai pertempuran antar kendaraan tempur.

3. Tank ini dilengkapi berbagai teknologi

Tank Canggih Buatan Indonesia yang MenduniaIlustrasi (Pixabay)

Tank medium juga dilengkapi dengan teknologi terbaru, yang mumpuni, salah satunya adalah sistem kewaspadaan mandiri, hunter killer system, perlindungan pasif (laser warning system), battle management system, serta proteksi balistik yang tinggi. 

Selain itu Tank medium Kaplan TM  punya mekanisme autoloader dengan 12 butir peluru di turret dan 26 butir peluru cadangan di dalam hull.

Baca Juga: Bangga, Ini Deretan Senjata Buatan Indonesia yang Mendunia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya