Gedung KPK Disulap Jadi 'Cantik' Demi Festival Anak Jujur 2

Ikutan festival antikorupsi ini yuk

Jakarta, IDN Times - Demi menumbuhkan karakter antikorupsi dan berintegritas sejak dini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar event bertajuk Festival Anak Jujur 2. Acara ini digelar di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, pada 2 hingga 3 Desember 2017. 

Festival Anak Jujur 2 adalah event lanjutan yang tahun lalu pernah digelar di Ecovention, Ancol, Jakarta Utara dan dihadiri 4.000 anak. Jika tahun sebelumnya acara ini mengusung tema literasi, musik, dan bermain dalam satu tempat, kini anak-anak bakal menikmati sosio-drama. 

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan sosio-drama ini terdiri dari tiga pilar lingkungan pendidikan, yaitu sekolah, rumah, dan tempat bermain. Ketiga lingkungan tersebut harus jadi satu kesatuan dalam membentuk mental generasi yang berintegrasi. 

"Festival Anak Jujur ini masuk ke program Deputi Pencegahan. Masyarakat pada umumnya mereka percaya bahwa diciduk saja sudah cukup. Nah, pencegahan itu masuk sensor kita, bisa dibilang ini pencegahan di sektor pendidikan. Di sini kita akan bersama-sama belajar mengenali dan mencari solusi dari permasalahan sehari-hari," ujar Saut di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (1/12).

Baca juga: Sidang Praperadilan Ditunda, Pengacara Setya Novanto Sebut KPK Mengada-ada


Gedung KPK Disulap Jadi 'Cantik' Demi Festival Anak Jujur 2Linda Juliawanti/IDN Times

Saut menuturkan pada hajatan kali ini dia ingin mengajak orang yang punya concern di bidang ini, sama-sama peduli terhadap masa depan anak, terutama dalam membangun integritas dan antikorupsi sejak dini. 

"Saat ini ada 672 tahanan di KPK. Mereka orang berpendidikan, rata-rata S2. Acara ini penting untuk membuat anak dan memahami pentingnya menghindari korupsi," ungkap dia. 

Senada dengan Saut, penyanyi dan pencipta lagu Oppie Andaresta juga mengatakan kegiatan ini sangat penting bagi anak-anak. Kegiatan ini lebih menarik karena digelar di markas KPK yang sebelumnya memiliki citra menyeramkan bagi masyarakat, terutama anak-anak. 

"Ini tahun kedua saya bergabung bersama KPK dalam event sama, menurut saya ini spesial karena diadakan di Gedung Merah Putih KPK. Selain lebih murah, tentunya, tapi siapa sangka Gedung KPK yang serem citranya dan penjagaannya ketat, ternyata Gedung KPK disulap jadi cantik dan ramah anak," kata Oppie pada kesempatan yang sama. 

Gedung KPK Disulap Jadi 'Cantik' Demi Festival Anak Jujur 2Linda Juliawanti/IDN Times

Peserta Festival Anak Jujur 2 terbuka untuk umum dari tingkat sekolah, lembaga pendidikan atau pendidikan nonformal. Adapun jadwalnya sesuai dengan jenjang usia dan level sekolah yakni
untuk SD (kelas 4-6) atau setara, dilaksanakan pada Sabtu 2 Desember 2017, pukul 08.00 hingga 17.30 WIB.

Sementara, untuk SMP atau setara, dilaksanakan pada Minggu 3 Desember 2017, pukul 08.00 hingga 12.15 WIB. Dan untuk SMA atau setara dilaksanakan pada Minggu 3 Desember 2017, pukul 13.15 hingga 17.30 WIB.

Baca juga: Ini Hasil Pemeriksaan MKD pada Setya Novanto di Gedung KPK

Topik:

Berita Terkini Lainnya