Pertamina Gandeng Ruang Guru Berikan Pelatihan Karyawan

Learning Innovation Summit dihadiri sejumlah menteri

Jakarta, IDN Times - PT Pertamina menggaet penyedia jasa pembelajaran berbasis online, Ruang Guru, untuk memberikan pelatihan bagi karyawan demi peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Hal itu diumumkan secara resmi oleh dua belah pihak dalam event Learning Innovation Summit. Konferensi ini diselenggarakan sebagai bentuk ajakan kepada seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam memajukan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia melalui inovasi-inovasi di dunia pendidikan. 

1. Pertamina manfaatkan platform Ruang Kerja milik Ruang Guru

Pertamina Gandeng Ruang Guru Berikan Pelatihan KaryawanIDN Times/Linda Juliawanti

Direktur Sumber Daya Manusia PT. Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, mengapreasi konten yang disajikan Ruang Guru. Pertamina bahkan menggunakan salah satu platform milik Ruang Guru yaitu corporate training bernama 'Ruang Kerja'.

"Pertamina ingin menjangkau setiap karyawan seluruh Indonesia dan dunia untuk bisa mendapatkan akses materi pembelajaran yang sama," ujar Nicke dalam konferensi pers di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (14/3).

Nicke mengungkapkan, nantinya karyawan Pertamina akan menggunakan platform Ruang Kerja untuk mengakses modul pelatihan yang disusun menggunakan pendekatan journey based learning dan micro learning yang disusun Pertamina.

"Untuk setiap modul yang berhasil dikuasai dengan baik, peserta akan diapresiasi dengan Sertifikat Kompetensi yang diakui oleh Perusahaan," ujarnya. 

Baca juga: Beli Pelumas Pertamina Cukup Bayar 60 Persen Saja

2. Perusahaan pertama manfaatkan teknologi dalam pengembangan SDM di Indonesia

Pertamina Gandeng Ruang Guru Berikan Pelatihan KaryawanIDN Times/Linda Juliawanti

Menurut Co-founder Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara, Pertamina menjadi perusahaan pertama yang mendukung pengembangan sumber daya manusia-nya dengan memanfaatkan teknologi.

"Pertamina untuk akhirnya berpikir training mobile, yang lain belum kepikiran. Pertamina perusahaan pertama yang menggunakan Ruang Kerja, paling cepat dan berani mengambil keputusan inovatif dengan cepat," ucap Belva dalam kesempatan yang sama.

3. Rudiantara: Sesuai misi Presiden Joko Widodo

Pertamina Gandeng Ruang Guru Berikan Pelatihan KaryawanANTARA FOTO/Novrian Arbi

Apresiasi juga datang dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Menurutnya, langkah yang dilakukan Pertamina sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

"Presiden Jokowi sudah memberikan arahan, tema APBN 2019 adalah pengembangan SDM, yang sifatnya ke depan. Kita bukan hidup mengumpulkan artefak, tapi harus lihat ke depan selama itu ada belajarnya kerja sama dengan ruang guru," kata dia.

4. Learning Innovation Summit bertabur menteri dan tokoh

Pertamina Gandeng Ruang Guru Berikan Pelatihan Karyawanmarketeers.com

Pertamina dan Ruang Guru menggelar konferensi Nasional bertajuk 'Learning Innovation Summit' membahas tentang teknologi yang bisa diterapkan pada dunia pendidikan di Indonesia dalam bentuk diskusi. 

Konferensi ini menjadi wadah dialog antara sektor publik dan sektor swasta untuk saling menyampaikan aspirasi, tantangan, pengalaman yang dapat menghasilkan solusi untuk mendorong peningkatan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Lebih dari 1.000 peserta, termasuk sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Kepala Daerah, 400 Dewan Direktur Korporasi Swasta terbesar di Indonesia, 350 Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota/Kabupaten seluruh Indonesia, 250 perwakilan organisasi nonpemerintah dan kemasyarakatan, social media influencers serta perwakilan dari negara sahabat hadir dalam perhelatan ini. 

Acara ini dibuka oleh Mohamad Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Airlangga Hartarto, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Menkominfo Rudiantara. 

Baca juga: Ini yang Dilakukan Pertamina untuk Menjaga Pasokan LPG 3 Kg

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya