Sering Kritik Presiden, Kemendagri Beri Pembinaan Sandiaga Uno

Tindakan sandi tidak etis sebagai gubernur

Jakarta, IDN Times - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan peringatan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, karena kerap mengkritik Presiden RI Joko Widodo.

1. Kemendagri nilai 'kesalahan ucap' dan Sandi perlu diberi pembinaan

Sering Kritik Presiden, Kemendagri Beri Pembinaan Sandiaga Uno IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono, menanggapi pernyataan Sandi yang terang-terangan mengkritik Presiden Jokowi. Menurut dia, hal tersebut harus dilihat dalam konteks pembinaan dan pengawasan.

"Dalam konteks pembinaan pengawasan pemerintahan pusat dan provinsi, dalam hal gubernur ada kesalahan ucap atau kekurangan itu sifatnya pembinaan," kata Sumarsono, di Jakarta, Kamis (7/6).

2. Tindakan Sandi menyalahi kode etik

Sering Kritik Presiden, Kemendagri Beri Pembinaan Sandiaga Uno IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo merasa kritik yang disampaikan Sandi selaku pemerintah daerah tidaklah etis. 

"Gubernur dan wakilnya adalah wakil pemerintah pusat di daerah, yang melantik mereka itu Presiden. Jadi tidak etis, jika ada seorang gubernur atau wakil gubernur secara terbuka mengkritik atau menyerang presiden," kata Tjahjo. "Kalau mau ada saran kritik ya lewat kementerian yang terkait," lanjutnya.

3. Sandi menyamakan Jokowi dengan Nazib di Malaysia

Sering Kritik Presiden, Kemendagri Beri Pembinaan Sandiaga Uno IDN Times/Helmi Shemi

Sebelumnya, Sandiaga Uno yang juga menjabat sebagai Wakil Dewan Pembina Partai Gerindra ini menyamakan pemerintah Najib Razak di Malaysia dengan kepemimpinan Jokowi saat ini. Dia pun meyakini kemenangan Mahathir di Malaysia akan terulang di Indonesia. 

Sebab, dalam penilaiannya, Sandi merasa pemerintahan Jokowi-JK saat ini belum dapat mengentaskan berbagai masalah ketimpangan ekonomi di masyarakat. Menurut dia, hal yang sama terjadi di Malaysia selama rezim Najib Razak berkuasa. 

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya