Kata Millenials soal Tips Aman Bepergian Naik Transportasi Laut

Naik kapal sebenarnya menyenangkan, kok!

Jakarta, IDN Times - Kecelakaan kapal motor (KM) Sinar Bangun menambah daftar sekian kecelakaan transportasi laut yang disebabkan oleh lemahnya pengawasan. Lebih dari 200 penumpang dilaporkan hilang.

Pengetatan pengawasan tentu perlu dilakukan oleh pihak penyedia jasa transportasi, namun tidak ada salahnya jika kita juga mempersiapkan diri sebelum bepergian dengan kapal. Seperti peribahasa, sedia payung sebelum hujan.

Apalagi bagi teman-teman yang baru pertama kali hendak bepergian lewat jalur laut, jangan takut. Naik kapal sebenarnya menyenangkan, kok!

1. Periksa kelengkapan alat keselamatan  

Kata Millenials soal Tips Aman Bepergian Naik Transportasi Laut  Istimewa

Chintya (21) mengingatkan agar sebelum berangkat penumpang sebaiknya memeriksa apakah disediakan jaket pelampung atau tidak.

"Kalau ini perjalanan pertama kamu pakai kapal laut, sebaiknya juga bawa obat anti mabuk karena kamu gak tahu apakah kamu mabuk laut atau tidak," imbuh Chintya.

2. Periksa ramalan cuaca sebelum berlayar  

Kata Millenials soal Tips Aman Bepergian Naik Transportasi Laut  Istimewa

Menurut Christopher Antoni (21), kecelakaan kapal biasa terjadi karena masalah teknis kapal dan kelebihan jumlah penumpang, sehingga kapal jadi tidak seimbang.

"Sebaiknya pilih kapal dengan kapasitas yang lebih luas dan memastikan kapal tersebut punya perlengkapan keamanan yang lengkap. Selain itu juga penting mengetahui ramalan cuaca pelayaran sehingga bisa menghindari hal-hal berbahaya karena cuaca," ujar Christopher.

3. Jangan lupa berdoa  

Kata Millenials soal Tips Aman Bepergian Naik Transportasi Laut  Istimewa

Hal senada juga diutarakan Cecilia Ardisty (22). Menurutnya penumpang juga wajib mengetahui kelayakan transportasi laut yang hendak digunakan.

"Ketahui instruksi tindak penyelamatan diri di dalam air untuk berjaga-jaga dan berdoa dulu sebelum memulai perjalanan," kata Cecilia.

Baca juga: Kapasitas 40, Penumpang KM Sinar Bangun Ternyata 211 Orang

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya