Comscore Tracker

Hore! Rute KRL Tanah Abang-Serang Dibuka Mulai 2020

"Tahun depan rencana elektrifikasi sampai Serang."

Serang, IDN Times - Rute kereta rel listrik (KRL) Tanah Abang-Rangkasbitung akan diperpanjang hingga Kota Serang, Banten, mulai 2020. Kepastian ini disampaikan langsung PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat melakukan pengecekan ke salah satu stasiun di kota Serang.

1. Elektrifikasi dimulai awal tahun 2020

Hore! Rute KRL Tanah Abang-Serang Dibuka Mulai 2020IDN Times/Muhamad Iqbal

Deputi EVP PT KAI Daop 1 Jakarta, Sofyan Hasan, mengatakan pemasang alat-alat elektrifikasi dari stasiun Rangkasbitung sampai Serang akan dilakukan pada awal 2020. Pemasangan ini diperkirakan memakan waktu enam bulan. 

"Tahun depan rencana elektrifikasi sampai Serang, jadi dari Rangkasbitung hingga Serang sudah bisa naik KRL," kata Sofyan di Stasiun Walantaka, Kota Serang, Kamis (21/11) mengatakan.

2. Perpanjangan rute karena potensi penumpang yang tinggi

Hore! Rute KRL Tanah Abang-Serang Dibuka Mulai 2020IDN Times/Muhamad Iqbal

Sofyan mengatakan diperpanjangnya rute KRL sampai ke Serang lantaran potensi penumpang yang tinggi dari Rangkasbitung menuju Merak. "Saat ini saja, kereta lokal Rangkasbitung-Merak setiap harinya mengangkat sekitar 8 ribu penumpang," kata Sofyan.

3. KRL akan menempuh jarak 105 km

Hore! Rute KRL Tanah Abang-Serang Dibuka Mulai 2020IDN Times/Aditya Daniel

Sebelumnya, pada 2017 lalu KRL sendiri sudah diperpanjang hingga Rangkasbitung jika diukur dari Stasiun besar Tanah Abang, jarak tempuh KRL itu sekitar 75 kilometer.

Nantinya jika KRL akan sampai ke Serang, maka jarak perjalanan akan mencapai 105 kilometer jika ditempuh dari stasiun Tanah Abang.

Namun, untuk sistem perjalanannya belum diketahui apakah akan transit terlebih dahulu di Rangkasbitung atau perjalanan langsung dari Stasiun Tanah Abang ke Serang.

Baca Juga: Demo DPR Ricuh, KRL Tak lewati Stasiun Tanah Abang dan Palmerah

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You