Jelang Perayaan Natal, Gubernur Banten Imbau Masyarakat Jaga Toleran

Banten salah satu daerah Kerukunan Umat Beragama-nya rendah

Serang, IDN Times - Gubernur Banten Wahidin Halim mengimbau masyarakat Banten untuk menjaga kedamaian dan toleransi, menjelang Natal dan Tahun Baru 2020.

Hal tersebut disampaikan Wahidin saat acara pemusnahan ribuan botol minuman keras di Mapolda Banten, Kamis (19/12).

Baca Juga: Bangun Wisata Religi, Gubernur Banten Siapkan Anggaran Rp30 Miliar

1. TNI-Polri jaga kedamaian dan kondusifitas Natal

Jelang Perayaan Natal, Gubernur Banten Imbau Masyarakat Jaga ToleranRatusan personil gabungan TNI-Polri buka saluran air untuk mengurai timbunan tanah di Gununghalu KBB. (IDN Times/Bagus F)

Menurut mantan Wali Kota Tangerang dua periode tersebut, upaya menjaga kedamaian dan suasana kondusif saat perayaan Natal dan Tahun Baru perlu kerja sama antara aparatur pemerintah daerah, TNI, Polri, dan unsur terkait menyambut perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Provinsi Banten.

“Karena Banten merupakan provinsi yang agamis dan toleran, saya percaya (perayaan) Natal dan Tahun Baru bisa berjalan aman terkendali, nyaman dan rukun. Pemerintah baik Pemprov maupun kabupaten/kota beserta jajaran perlu meningkatkan solidaritas dan kerja sama dengan instansi terkait, khususnya kepolisian dan TNI agar suasana damai itu tetap terjaga,” kata Wahidin.

2. Banten adalah daerah dengan indeks Kerukunan Umat Beragama rendah di Indonesia

Jelang Perayaan Natal, Gubernur Banten Imbau Masyarakat Jaga ToleranIndeks kerukunan umat beragama 2019 (Dok. Kemenag)

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) merilis Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) pada 2019 ini. Hasilnya, nilai rata-rata nasional dari 1 sampai 100 berada di angka 73,83.

Sebagai provinsi yang berada di Pulau Jawa, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten masuk delapan besar nilai KUB terendah di Indonesia. Banten sendiri masuk 5 besar terbawah dalam indeks KUB Kemenag.

3. Tiga poin penilaian indeks: Kerjasama, Toleransi dan Kesetaraan

Jelang Perayaan Natal, Gubernur Banten Imbau Masyarakat Jaga ToleranANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Survei KUB dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Bimbingan Masyarakat Agama dan Layanan Keagamaan pada Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat) Kementerian Agama.

"Indeks ini menarik beberapa rumusan. Kerukunan umat beragama adalah keadaan atau kondisi kehidupan umat beragama yang berinteraksi secara harmonis, toleran, damai, saling menghargai, dan menghormati perbedaan agama dan kebebasan menjalankan beribadah masing-masing," kata Menag Fachrul Razi di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (11/12).

Baca Juga: Polri Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Mencukupi Jelang Natal 2019

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya