Comscore Tracker

Menhub Budi Karya Pantau Langsung Pencarian Pesawat Sriwijaya Air

Pencarian dilakukan pagi ini

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama sejumlah petinggi TNI-Polri dan anggota Basarnas, KNKT hingga Jasa Marga berangkat menuju Perairan Kepulauan Seribu pada pukul 07.30 WIB, Minggu (10/1/2021). Mereka bertolak dari Dermaga JICT Tanjung Priok.

Mereka menggunakan KRI Jhon Lie dengan nomor lambung 358. Mereka akan melakukan peninjauan secara langsung pencarian pesawat Sriwijaya SJY182 yang diinformasikan jatuh di sekitar Tanjung Pasir, Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

1. Sebelum berangkat mereka memastikan kesiapan personel dan alat

Menhub Budi Karya Pantau Langsung Pencarian Pesawat Sriwijaya AirIDN Times/Muhamad Iqbal

Para pejabat tersebut sebelumnya melakukan kordinasi di tempat keberangkatan pelabuhan JICT 2, Tanjung Priok. Mereka memastikan kesiapan para personel dan peralatan sebelum pencarian di sekita Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Sebelumnya, Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsdya Bagus Puruhito selaku SAR Coordinator (SC) pada operasi SAR pesawat Sriwijaya SJY182 menerima serpihan pesawat yang diduga kuat berasal dari pesawat yang sebelumnya diberitakan hilang kontak di kawasan Kepulauan Seribu, antara Pulau Lancang dan Pulau Laki tersebut.

Salah satu serpihan itu sendiri berbentuk pintu darurat pesawat berbahan pelastik yang biasa dipakai sebagai tangga berbentuk perosotan.

Baca Juga: Bantu Evakuasi Sriwijaya Air, Polri Terjunkan 7 Kapal dan 2 Helikopter

2. Serpihan sudah diterima dari dini hari

Menhub Budi Karya Pantau Langsung Pencarian Pesawat Sriwijaya AirIDN Times/Muhammad Iqbal

Berdasar keterangan resmi yang diterima, penyerahan serpihan badan pesawat tersebut berlangsung di Posko SAR Terpadu Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok oleh Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator, Minggu (10/1/2021) dinihari sekitar pukul 00.10 WIB.

3. Ratusan personel dan 3 kapal bersiaga

Menhub Budi Karya Pantau Langsung Pencarian Pesawat Sriwijaya AirIDN Time/Reynaldi

Saat ini ratusan personel gabungan TNI-Polri serta Basarnas tengah bersiap apel persiapan operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2020) sore.

Selain ratusan personel yang bersiaga, tiga KRI milik TNI Angkatan Laut dan satu kapal Coast Guard milik Basarnas.

Baca Juga: [BREAKING] Basarnas Terima Serpihan Pesawat Diduga Milik Sriwijaya Air

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya