Comscore Tracker

Pascagempa M 7,1 di Maluku Utara, Satu Warga Meninggal Dunia

Korban mengalami shock akibat gempa dan sakit jantung kambuh

Jakarta, IDN Times - Satu orang warga Desa Ranoketang Atas, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, bernama Sintia Lasik dikabarkan meninggal usai gempa M 7,1 yang terjadi di Jailolo, Maluku Utara, Jumat (15/11) dini hari.

1. Korban meninggal dikarenakan serangan jantung akibat shock usai gempa

Pascagempa M 7,1 di Maluku Utara, Satu Warga Meninggal DuniaGempa Maluku Utara M 7.1, Kamis (14/11). (Dok. BNPB)

Kepala Puskesmas Tombatu John Munaiseche, mengatakan bahwa  korban meninggalsetelah mendapatkan perawatan intensif di Puskesmas Tombatu, sampai Jumat (15/11) dini hari.

"Kami mengonfirmasi berdasarkan laporan dokter jaga, ada satu orang warga meninggal pascagempa tadi malam," kata John Munaiseche dilansir dari Antara.

2. Sakit jantung korban kambuh saat gempa terjadi

Pascagempa M 7,1 di Maluku Utara, Satu Warga Meninggal DuniaGempa M 7,1 yang mengguncang Maluku Utara pada Kamis (14/11) malam tadi. Twitter/@BMKG

Jhon mengungkapkan, meninggalnya korban karena shock hingga sakit jantungnya kambuh saat terjadinya gempa tersebut.

"Jadi korban ini berdasarkan informasi mempunyai riwayat penyakit jantung. Ketika terjadi gempa korban shock dan langsung dilarikan ke Puskesmas Tombatu untuk mendapatkan perawatan," ujarnya.

Jhon mengatakan, petugas di Puskesmas Tombatu telah melakukan tindakan medis, namun sayangnya nyawa Sintia tidak bisa diselamatkan.

"Kami sudah melakukan upaya medis semaksimal mungkin, sesuai dengan prosedur. Tapi nyawa korban tak bisa diselamatkan," ujarnya.

3. Gempa M 7,1 guncang Maluku Utara

Pascagempa M 7,1 di Maluku Utara, Satu Warga Meninggal DuniaGempa Maluku Utara M 7.1, Kamis (14/11). (Dok. BNPB)

Gempa bumi bermagnitudo 7,4 yang dimutakhirkan menjadi magnitudo 7,1 melanda Maluku Utara, Kamis (14/11) sekitar pukul 23.17 WIB. Gempa tersebut berpotensi tsunami, namun untungnya tak sampai parah dan berujung ke bencana besar.

Baca Juga: Usai Gempa Maluku Utara, BNPB: Aktivitas Warga Kembali Normal

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya