Comscore Tracker

34 DPW NasDem Setuju Usulkan Surya Paloh Jadi Calon Tunggal Ketua Umum

Ketum NasDem akan memimpin selama lima tahun 

Jakarta, IDN Times - Peluang Surya Paloh terpilih kembali jadi Ketua Umum Partai Nasional Demokrat sangat besar. Buktinya 34 Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) sepakat akan mengajukan nama pemilik media itu sebagai satu-satunya calon ketum. Konfirmasi itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai NasDem, Irma Suryani.

Hal ini dinilai tidak mengejutkan lantaran belum ada figur lain yang cukup kuat untuk menggeser Surya. 

"Usulan nama (itu) pasti dari DPW. Insyaallah kami akan aklamasi (memilih Surya Paloh). Karena saya kebetulan koordinator wilayah, saya kebetulan sudah berkoordinasi juga ya sama temen-temen DPW," kata Irma yang ditemui di sela kongres ke-2 NasDem di JI Expo, Kemayoran Jakarta Pusat pada Sabtu (9/11). 

Lalu, kapan nama Surya akan diumumkan untuk diajukan kembali sebagai ketum?

1. Pengumuman Ketum NasDem dibacakan hari Minggu 10 November

34 DPW NasDem Setuju Usulkan Surya Paloh Jadi Calon Tunggal Ketua UmumIDN Times/Muhamad Iqbal

Uniknya, kendati Surya hanya satu-satunya nama calon ketum yang direkomendasikan, namun proses ia kembali menduduki pucuk pimpinan di parpol tak semudah itu. Irma menyebut masih ada beberapa mekanisme partai yang harus dilewati. 

"Besok baru mau kita lakukan sidang. Jadi, dari hasil pandangan umum DPW-DPW maka nanti akan muncul nama. Nah, dari muncul nama itulah akan disampaikan kepada majelis tinggi. Dari majelis tinggi nanti akan diserahkan kepada komisi rekomendasi untuk disampaikan kepada publik," ujar dia. 

Baca Juga: Surya Paloh Sebut Partai Nasionalis tapi Tak Pancasilais, Sindir PDIP?

2. Nama Surya Paloh diajukan sebagai satu-satunya calon ketum karena sosoknya masih dibutuhkan

34 DPW NasDem Setuju Usulkan Surya Paloh Jadi Calon Tunggal Ketua Umum(Kongres ke-8 Partai Nasdem) IDN Times/Muhammad Iqbal

Irma pun tidak menampik peluang besar bagi Surya Paloh untuk duduk kembali sebagai ketum. Namun, ia menggaris bawahi semua keputusan akhir ada di tangan majelis tinggi partai. 

"Jadi, memang kami di Partai NasDem ini masih membutuhkan Beliau untuk memimpin partai ini ke depan," kata Irma.

3. Majelis tinggi partai yang akan mengumumkan ketum baru periode 2019-2024

34 DPW NasDem Setuju Usulkan Surya Paloh Jadi Calon Tunggal Ketua Umum(Kongres ke-8 Partai Nasdem) IDN Times/Muhammad Iqbal

Sebelumnya, rapat pandangan umum yang terdiri dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) seluruh Indonesia telah dibacakan pada Sabtu (9/11). Dari hasil rapat itu sebanyak 34 DPR mengusulkan Surya Paloh kembali duduk sebagai Ketum Partai NasDem selama lima tahun ke depan. 

Steering Committee Kongres II Partai NasDem telah menerima usulan tersebut dan menyerahkan kepada Majelis Tinggi Partai NasDem. Rapat pengambilan keputusan Majelis Tinggi diagendakan untuk dilaksanakan Minggu (10/11)atau pada hari ke-3 Kongres II Partai NasDem yang digelar di JI Expo, Kemayoran. 

Baca Juga: Dimaknai Sinisme saat Rangkul PKS, Surya Paloh: Ada Paradoks di Situ!

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You